Translate

Iklan

Iklan

Petani Peletak Dasar Peradaban

1/29/12, 05:06 WIB Last Updated 2012-01-28T22:11:16Z

(Oleh Pakar Reforma Agraria Indonesia: Prof. Dr. Gunawan Wiradi)

Petani adalah peletak dasar peradaban, sebab munculnya budaya itu pada dasarnya pada saat manusia mulai bertani. Saat itulah budaya itu mulai muncul. Budaya itu lahir karena petani itu sendiri. Untuk itu semangat ini harus ditanamkan.

Setiap sikap dan prilaku manusia itu terbentuk dari alam, seperti seni dan batik. Saat era industrialisasi, peradaban itu mulai berubah. Seperti music pada jaman dulu terdengar seperti suara angin dan ombak dilaut serta suara binatang. Namun sekarang music itu terdengar seperti suara mesin. Setiap prilaku dan sikap di bentuk oleh jamannya. Baik pada saat jaman pra kemerdekaan, jaman kemerdekaan maupun  jaman reformasi.


Sebelum orde baru lahir, Faktor yang dominan adalah kesadaran sejarah, kebijakan pro rakyat sangat tinggi. Semangat Gotong royong masih sangat kental. Sehingga tidak heran pada tahun 55 saat orde lama, pemerintah sudah melaksanakan reforma agraria (lend reform).

Namun pada massa Orde Baru, Kebijakan pemerintah berubah menjadi reprisip dan mulai mengikuti kebijakan asing serta Asal Bapak Senang. Tidak heran jika saat itu strateginya terpecah-pecah, ada yang saling dukung dan ada saling tentang.

Paska orde baru tiba, yang sangat dominan adalah factor interfensi asing. Semangatnya adalah semangat indifidual dan persaingan. “tingkat persaingan yang tinggi ini disebabkan karena adanya konflik kepentingan”

Saya melihat pada saat ini Bangsa Indonesia sudah sangat jauh dari semangat proklamasi yang dicita-citakan.  Penyimpangan cita-cita proklamasi karena lembaga tinggi Negara di kerdilkan. Dulu lembaga tertinggi adalah rakyat tapi sekarang sudah dirubah menjadi lembaga tinggi saja.

Saat inilah sebenarnya peluang rakyat untuk merubah karakter perjuangan. Sekarang harus dimulai, kita harus memulai, bukan hanya saja untuk kepentingan nasib petani tapi juga untuk seluruh rakyat Indonesia.

Petani sudah saatnyalah harus menegaskan identitas dirinya, “Bahwa kaum tani bukan orang yang lemah, tapi sebaliknya bahwa petani adalah peletak dasar peradaban”. Sebagai alat perjuangan yang fital, bukan saja kaum petani tapi untuk seluruh rakyat Indonesia.

Meneguhkan kembali semangat kekeluargaan, rela berkorban, dengan semboyan satu untuk semua dan semua untuk satu. Tempatkanlah gerakan tani, dalam gerakan masyarakat.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Petani Peletak Dasar Peradaban

Terkini

Close x