Translate

Iklan

Iklan

Diduga Curang, Puluhan warga Genteng wetan Banyuwangi Desak Panitia Pilkades Hitung Ulang

2/14/12, 17:00 WIB Last Updated 2012-04-09T17:53:03Z

Banyuwangi, -Gempur- Puluhan massa pendukung dua calon kepala desa Genteng Wetan, Kecamatan Genteng, yang kalah dalam Pilkades beberapa waktu lalu, Selasa (14/2) kemarin menggeruduk kantor desa yang terletak di jalan raya Temuguruh, Dusun Resomulyo, Desa setempat.
               
Kedatangan massa yang mengendarai motor dan berjumlah kurang lebih dua puluh lima orang itu, tepat sekitar pukul 10.00 Wib disambut langsung oleh Kades Muhammad, dan beberapa anggota BPD serta panitia Pilkades. Nampak puluhan anggota polisi dari rayon lima Polsek yang berjaga sejak pagi hari ikut serta merapat kekantor Desa.
               
Kendati jumlah personil polisi yang disiagakan lebih banyak dari jumlah massa yang mendatangi kantor desa, namun saat berlangsung acara dialog untuk menyatakan protes atas hasil Pilkades pada tanggal 22 Janurai 2012 lalu, berlangsung dalam suasana panas.
               
Melalui juru bicaranya Suwito (50), massa meminta kepada BPD selaku pembentuk panitia Pilkades untuk menghitung ulang kartu suara yang tersimpan di kotak bernomor 5, 6 dan 7. Karena mereka menganggap ada kecurangan dalam proses penghitungan kala itu. “Kami sudah berkirim surat, diajak mediasi dan koordinasi oleh panitia. Tapi hingga detik ini belum juga ada titik temu. Jika dalam waktu dekat tidak ada kejelasan, kami akan melapor ke Banyuwangi,” suluknya.
               
Ketua BPD Genteng Wetan, H. Karim, yang didaulat memberikan jawaban atas pertanyaan massa, menyatakan jika pihaknya sudah menjalankan semua kemauan para pendukung kandidat Cakades untuk bermediasi. “Karena belum ada titik temu antara panitia dan para kandidat, maka kami langsung melaporkan hasil tersebut kepada Kabag Hukum Pemkab serta Bapak Bupati Banyuwangi,” bebernya.
               
Kepada para pejabat Pemkab tersebut, pihak BPD sudah meminta supaya segera membuat keputusan hasil pelaksanaan Pilkades. “Termasuk untuk membuka dan menghitung ulang hasil Pilkades, kami harus  punya payung hukum yang jelas. Kalau Bapak-Bapak hendak melaporkan ke Banyuwangi, silahkan,” tantang H. Karim, dihadapan perwakilan massa.
                 
Setelah menerima penjelasan dari ketua BPD, puluhan massa bergegas pulang dan menolak penjelasan dari ketua panitia Pilkades Budi Winoto. Sumber media ini menyebutkan, mereka sudah tidak percaya dengan kinerja panitia. Mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, Kepala Desa Muhammad, segera mengambil alih acara dan meminta kepada semua warganya untuk tidak berbuat anarkis serta tetap menghormati perbedaan. Selanjutnya puluhan massa , langsung membubarkan diri.
               
Sebagai refrensi, pada pelaksanaan Pilkades di Genteng Wetan tanggal 22 Januari 2012, dimenangkan oleh Ir. M. Hasan Ismail. Sementara Purnomo dan Didik Sucipto, adalah dua kandidat yang kalah. (Hakim Said)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Diduga Curang, Puluhan warga Genteng wetan Banyuwangi Desak Panitia Pilkades Hitung Ulang

Terkini

Close x