Translate

Iklan

Iklan

Gara-gara Banyaknya Akte Cerai Aspal, Kemenag Banyuwangi Kirim Surat Ke PA

2/24/12, 19:30 WIB Last Updated 2012-02-26T18:42:47Z
Banyuwangi Gempur- Banyaknya akte cerai asli, tapi palsu (aspal) yang bermunculan akhir-akhir ini, membuat jajaran Kemenag (dulu Depag,Red) Banyuwangi, kalang kabut dan berkirim surat ke Pengadilan Agama (PA).

Karena imbasnya langsung mengena kepada petugas Kantor Urusan Agama (KUA), sebagai bagian wilayah kerja Kemenag. Beberapa petugas KUA di wilayah Kabupaten Banyuwangi, sempat diperiksa aparat kepolisian terkait munculnya akte cerai aspal yang berujung pada ranah hukum.

Salah satu contoh terjadi di KUA kecamatan Sempu, sebagaimana keterangan Kasi Urais Drs. H. Moh. Jali, Jum’at (24/2) kepada media ini. Pihak KUA sendiri, tidak bisa membedakan mana mana akte cerai yang asli dan akte cerai yang aspal. “Karena tidak ada perbedaan sama sekali pada akte cerai yang disodorkan oleh calon pengantin kepada petugas KUA. Sehingga tanpa berprasangka negative, karena persyaratan menikah sudah terpenuhi, oleh petugas kami di KUA diijabkan,” terang Jali.

Ternyata, dikemudian hari sewaktu muncul persoalan hukum barulah diketahui kalau akte cerai yang dipergunakan salah satu mempelai adalah aspal. “Makanya untuk seleksi petugas kami di tingkatan KUA yang bersentuhan dengan pelayanan pernikahan, perlu kami mintakan kejelasan kepada Pengadilan Agama (PA). Bagaimana sebenarnya akte cerai yang asli maupun yang aspal, supaya kami tidak kecolongan lagi,” Jali, yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Kepala KUA kecamatan Wongsorejo, itu.


Namun hingga beberapa waktu surat permintaan kejelasan kepada PA sudah dikirimkan, sampai detik konfirmasi kepada media ini, pihaknya belum mendapatkan jawaban. “Sampai detik ini kami belum mendapat jawaban dari PA,” tutur pria asli Madura, itu lagi. (Hakim Said)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Gara-gara Banyaknya Akte Cerai Aspal, Kemenag Banyuwangi Kirim Surat Ke PA

Terkini

Close x