Translate

Iklan

Iklan

Kapolres Banyuwangi: “Polisi Desa, Njogo Deso, Mbangun Deso'

2/11/12, 21:00 WIB Last Updated 2013-03-28T16:39:13Z
Banyuwangi, MAJALAH-GEMPUR.Com. Dalam kunjungan kerjanya di Mapolsek Genteng, Sabtu siang (11/2), Kapolres Banyuwangi, AKBP Nanang Masbudi, menegaskan bahwa tugas utama Polisi Desa (Poldes) adalah Njogo Deso dan Mbangun Deso.

Pengejawantahan jargon ‘Njogo Deso dan Mbangun Deso’ (menjaga desa dan membangun desa; red) itu sendiri antara lain dengan program sengonisasi dan pepayanisasi. Dalam hal ini, masyarakat diajak memanfaatkan lahan miliknya untuk ditanami sengon maupun pepaya. Sehingga kedepan dalm jangka waktu 5-6 tahun sudah bisa memanen hasilnya.

Sementara untuk bibit dan keperluan tanaman dimaksud, pihak Polri yang akan melakukan kerja sama dengan perkebunan. “Kalau njogo deso (menjaga desa,Red) itu sudah pasti adalah tugas pokok kita. Tapi kalau mbangun deso (membangun des,Red), ini adalah bagian dari keikut sertaan Polri dalam rangka memberdayakan ekonomi rakyat pedesaan,” terang Nanang.
               
Selain pemberdayaan ekonomi masyarakat desa, tujuan lain dari keberadaan Poldes, adalah membangun jaringan. “Artinya komunikasi dengan masyarakat kita kedepankan. Karena apalah artinya kita jika tanpa dukungan masyarakat,” ungkapnya lagi.
               
Disampaikan oleh Nanang, bahwa keberadaan Poldes adalah program riil Polri diseluruh Indonesia. Sedangkan di wilayah Polres Banyuwangi, masih sekitar 5 Polsek yang diberlakukan. “Poldes ditingkatan Polsek lainnya menyusul dan bertahap. Sedangkan Polsek Genteng, ini kita jadikan pilot projeck Poldes dijajaran Polres Banyuwangi,” urainya.
               
Bahkan dalam kesempatan kunker di Polsek Genteng, kemarin itu sebelumnya Nanang, menyempatkan beramah tamah dan berdialog dengan tokok masyarakat (Tomas), alim ulama, paguyuban Tionghoa dan jajaran Muspika lainnya beserta para Kades diwilayah Genteng.
               
Sedangkan Kapolsek Genteng, Kompol Bambang Heru Kuswoto, SH, menyatakan kesiapanya mengawal dan mengamankan program Pimpinan Polri Resort Banyuwangi ini.

Nampak hadir mendampingi kunker di Mapolsek Genteng antara lain Wakapolres Kompol Moh. Aldian, para Kabag dan Kasat dilingkungan Polres Banyuwangi. (Hakim Said)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kapolres Banyuwangi: “Polisi Desa, Njogo Deso, Mbangun Deso'

Terkini

Close x