Translate

Iklan

Iklan

PK Konflik Tanah Sumbergondo Glenmore Banyuwangi di MA Turun

3/24/12, 21:00 WIB Last Updated 2013-11-28T05:26:17Z

Banyuwangi,  MAJALAH-GEMPUR.Com. Geger sengketa lahan pertanian di Desa Sumbergondo, Kecamatan Glenmore, terjadi lagi. 

Kali ini, antara magersari (yang selama ini menguasai lahan,Red) Samini dan Saminah cs versus orang-orang yang mengaku sebagai pihak penyewa lahan. Pengakuan orang-orang tersebut, mereka menyewa dari H. Widi Purnomo, Kades Tulungrejo, Kecamatan Glenmore.

Sebenarnya, konflik tersebut bagian dari episode peristiwa yang terjadi beberapa hari sebelumnya. Hal itu sebagaimana disampaikan oleh pengurus Lembaga Swadaya (LSM) Yasro, Jamil, dan kawan-kawannya selaku pendamping para magersari. Bahwa selaku lembaga pendampingan, pihaknya meminta supaya pihak-pihak yang bersengketa menghormati proses hukum.
               
Ditegaskan oleh Jamil, mestinya pihak-pihak terkait legowo untuk menyerahkan lahan sengketa tersebut. “Karena nyata-nyata PK dari MA bernomor 29..PK/PDT/2011, sudah turun, kenapa masih saja berusaha hendak menguasai lahan tersebut ?,” sindirnya.
               
Menurut Jamil, sesuai putusan MA, pengadilan negeri Banyuwangi, sudah memerintahkan juru sitanya untuk menyampaikan risalah pemberitahuan putusan MA yang bernomor 103/Pdt.G/2005/PN.Bwi. No.29 PK/PDT/2011, kepada para pihak yang masih menguasai lahan sengketa tersebut. “Tapi orang-orang itu mbudheg dan pura-pura tidak tahu,” sergahnya berang.
               
Untuk itu, Jamil cs akan meminta kepada Bupati Banyuwang H. Abdullah Azwar Anaz, supaya memberikan penjelasan resmi terkait sengketa lahan dimaksud. “Besok Senin (26/3) orang-orang tersebut bersama Kades Tulungrejo, H. Widi Purnomo,  dipanggil Sekda, kami juga akan hadir di Pemkab supaya tarik-ulur lahan ini segera selesai mengingat PK dari MA sudah turun,” tegas Jamil, didampingi pengurus LSM Yasro dalam siaran persnya kemarin Sabtu (24/3)  tersebut. (Hariyadi dan Hakim Said)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • PK Konflik Tanah Sumbergondo Glenmore Banyuwangi di MA Turun

Terkini

Close x