Translate

Iklan

Iklan

Tahun 2012, Tahun Kebangkitan Bagi Dunia Pendidikan Di Kabupaten Jember

5/20/12, 19:00 WIB Last Updated 2013-12-08T18:37:14Z
Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com.Tahun 2012 ini merupakan tahun luar biasa bagi pelaku pendidikan untuk bekerja secara ekstra, guna mencetak anak didiknya guna mencapai nilai dan prestasi secara  maksimal. Bahkan setiap sekolah memiliki teknik dan  pola pemberian ulangan serta  try out berbeda antara sekolah yang satu dengan yang lainnya.

Praktis  tingkat daya serap peserta didik akan berbeda dan dengan perbedaan inilah nantinya yang akan mengantarkan siswa khususnya sekolah-sekolah yang rajin melakukan ulangan atau evaluasi pembelajaran yang lebih berhasil menghantarkan para siswa bisa diterima di sekolah favorite di dalam kota

Oleh karenanya sekolah pinggiran saat ini tidak bisa  dianggap enteng mengingat  layanan teknologo informatika serta komunikasi serta perkembangan ilmu pengetahuan tidak lagi terbatas antara kota dan pinggiran. Otomatis bagi sekolah pinggiran saat ini telah memacu diri dengan berlomba-lomba untuk  mengintrodusir para siswanya untuk bisa menyabet prestasi dan meraih nilai terbaik sebagai modal bagi sisawa yang bersangkutan untuk bisa diterima di sekolah yang menjadi pilihan.

Demikian penegasan  Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Sumbersari  Drs H. Achmad Kamalin Msi saat di konfirmasi persoalan prestasi  antara sekolah pinggiran tahun 2012 ini, diruang kerjanya, 11/5. Kamalin mengatakan keberadaan sekolah pinggiran di era tahun 2012 ini  tidak bisa dianggap enteng. Justru prestasi tahun ini bisa jadi lebih banyak menyebar di sekolah-sekolah pinggiiran termasuk diwilayah penggiran kecamatan Sumbersari  seperti di Kelurahan Antirogo, dan Wirolegi, maupun  Kranjinigan, yang saat ini memiliki komitment kuat untuk berkompetisi secara sehat antar sekolah.  Praktis saja, ungkap Kamalin, setiap digelar event apapun, mulai dari eventa akademis maupun non akademis, sperti olah raga. Siswa-siswi sekolah-sekolah pinggiran akan tampil maskimal “jangan salah sekarang tidak ada bedanya antara kota dan sekolah pinggiran, mereka juga akan tampil maksimal dalam event apapun”, tandasnya.

Oleh karenanya, lanjut Kamalin, bahwa untuk tahun ini bisa diperkirakan penyerapan  siswa  di jenjang SMP dan SMA Negeri pada tahun 2012 ini dipastikan akan banyak bermunculan anak-anak yang berasal dari sekolah pinggirian. Sehingga tidak heran manakala tahun 2012 ini anak pinggiran akan banyak mendominasi. “Sebab try out maupun evaluasi telah gencar dilakukan oleh para guru yang mengajar di sekolah pinggiran tersebut”, ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kasek. SDN  Wirolegi 5, Lietatik  SPd, MPd  bahwa sebagai sekolah pinggirai tidak lagi terlena karena kondisi dan keadaan yang terbatas. Melainkan dengan keadaan yang terbatas itulah menjadi pemacu untuk bisa bangkit  dan melakukan berbagai upaya positif agar bisa berbenah diri di berbagai bidang untuk lebih berprestasi. Bahkan, Lietatik mengatakan dengan keterbatasan tersebut, disertai wilayah yang seringkali dipandang terpinggirkan. Hal ini membuat tantangan tersendiri bagi para Kepala sekolah, guru, dan murid untuk meningkatkan potensi diri masing-masing. Untuk itu, ditegaskan oleh Lietatik, bahwa mau tidak mau, merupakan konsekuensi logiis, jika tidak ingin dianggap pinggiran, maka harus banyak membaca dan mengikuti berbagai perkembangan yang terus menglobal ini.

Terlepas dari itu juga, Lietatik juga menyampaikan agar semua pihak meau menagakui dan sudah tidak bisa dipungikiri untuk tahun 2012 ini, merupakan tahun kebangkitan bagi dunia pendidikan, khususnya dikabupaten Jember dalam rangka meretaskan  prestasi membanggakan bagi kabupaten Jember.  Untuk itu, antara sekolah kiranya patut untuk bersaing secara sehat guna mencapai tiitik prestasi tertinggi. “Sebagai sekolah dasar  favorite tentu saja akan menjadi tantangan tersendiri sekaligus memacu diri untuk berkerja lebih baik lagi guna menghantarkan peserta didik lebih sukses untuk melanjutkan ke jenjang SMP sederajat khususnya  lebih banyak di terima di SMP-SMP favoriita didalam kota Jember bagi orang tua dan juga sebagai suatu jawaban atas keberhasilan pola pendidikan dan pengajaran yang telah di lakukan oleh suatu sekolah”, pungkasnya. (tgh/humas)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tahun 2012, Tahun Kebangkitan Bagi Dunia Pendidikan Di Kabupaten Jember

Terkini

Close x