Translate

Iklan

Iklan

Do’a Bersama "Lintas Agama" dan Gelar Wayang Kulit Untuk Ritual Bersih Deso

9/30/12, 10:32 WIB Last Updated 2012-10-01T04:18:32Z

Banyuwangi. MAJALAH-GEMPUR.COMUntuk kebersamaan dan nguri-nguri (lestarikan: red) budaya jawa. Acara Bersih Deso di Desa Buluagung lakukan doa bersama dan gelar wayang kulit semalam suntuk.

Acara ini, dimaksudkan untuk membersihkan desa dari karma alam maupun manusia. Ungkap Sekdes Suyatno, Mengingat masyarakat Buluagung masih heterogen. Maka acara ini diawali dengan pembacaan Do'a bersama secara bergantian oleh lintas agama (Islam, Kristen dan Hindu)

Sementara itu usai penyerahan gunungan, sebelum pergelaran wayang kulit dimulai, Kades Buluagung, Ipong Dermawan, dalam sambutan pada ritual yang diselenggarakan sejak tahun 2001dan menjadi agenda tahunan ini, mengajak kepada seluruh elemen masyarakat, untuk kerja bareng membangun Desa.

"Mari kita bersama-sama membangun dan memajukan Desa tercinta ini. Karena tanpa kebersamaan dan kekompakan, mustahil semua program Desa bisa terlaksana," ujar Kades bergelar SH, yang juga seorang pengusaha swasta itu.

Berdasarkan pantauan media ini. Do’a bersama, ruwatan dan pagelaran wayang kulit (Purwo) semalam suntuk yang dilaksanakan Sabtu malam (29/9) dikantor Desa Buluagung, Kecamatan Siliragung tersebut berlangsung sangat meriah. Ribuan warga tumplek blek memenuhi ruangan balai dan halaman serta jalanan depan kantor Desa yang berada diwilayah pantai selatan itu.

Animo masyarakat yang berdatangan dalam kegiatan yang anggarannya diperoleh dari swadaya spontan masyarakat dan pengusaha ini karena lakon yang dibawakan dalang kondang Ki Heri Siswanto, dari Cemethuk, Cluring. Adalah 'Tumurune Wahyu Sejati'.

Tampak mangayubagyo (hadir: red), Camat Didik Suharsono, bersama jajaran Muspika Siliragung. Kades Ipong Dermawan, selaku sohibul baith, ketua BPD Ali Maghfur dan anggotanya serta para staf dilingkungan Desa bahkan juga para tokoh masyarakat Desa setempat tidak lupa kompak hadir. (Hakim Said & Agus Wahyudi)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Do’a Bersama "Lintas Agama" dan Gelar Wayang Kulit Untuk Ritual Bersih Deso

Terkini

Close x