Translate

Iklan

Iklan

Ketua MK Mahfud MD; Jangan Bicara Soal Capres-Cawapres Dululah

9/14/12, 23:54 WIB Last Updated 2012-09-21T16:58:46Z

Banyuwangi, MAJALAH-GEMPUR.COM. Intensitas kunjungan dan silaturahminya Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD kesejumlah daerah ditengarai sebagai bagian dari agenda tersembunyi menuju kursi Capres maupun Cawapres.

Namun orang nomor satu di MK ini tak mau menanggapi rumor tersebut, Bahkan mahtan kepercayaan Gus Dur, sapaan Almarhum KH Abdurahman Wahid meminta semua pihak tidak berbicara mengenai figur Capres dan Cawapres terlebih dahulu apalagi memasukkan namanya kedalam bursa Capres-cawapres.

"Kita tidak usah berbicara figur dulu, apalagi memasukkan nama saya dalam bursa Capres maupun Cawapres," Ujar ketua MK, Prof. Mahfud MD kepada sejumlah media ketika hendak meninggalkan hotel AJM Genteng, usai menjadi narasumber sarasehan dengan Ikatan Alumni Universitas Islam Indonesia (IKA UII) Jogjakarta, Jumat siang lalu di (14/9) hotel AJM Genteng Banyuwangi Jawa Timur.

Profesor ahli hukum tata negara kelahiran Madura itu menekankan pentingnya mempersiapkan sistem pemilu yang bagus dan lebih bersih. Jika sistemnya bagus, insya Alloh akan menghasilkan pemimpin yang bagus pula. Jadi pemilu Capres dan Cawapres tidak lagi semata-mata ditentukan dengan uang," jelasnya.

Namun disatu sisi, Mahfud, juga tidak menampik adanya politik uang. Contohnya, masyarakat Indonesia selalu berharap-harap ajang pemilu apapun di era kekinian dinilai sebagai hal yang bisa menguntungkan. "Serangan subuh atau serangan fajar dalam setiap kali pemilu diharapkan oleh masyarakat kita," bebernya.

Untuk itu, Mahfud, mengajak semua pihak menginventarisir dan melakukan analisis masalaha-masalah bangsa Indonesia secara menyeluruh. "Ketika tahu masalahnya, pasti nanti bakal ketemu dengan figur yang cocok guna menyelesaikan masalah-masalah bangsa tersebut. Sementara ini, sebaiknya jangan menyebut figur dulu," tandasnya.

Hal senada disampaikan oleh H. Ibnu Farouq, SH, MHum, Farouq yang juga menjadi moderator dalam sarasehan tersebut menyatakan ketidakrelaannya jika Mahfud MD maju dalam bursa Capres maupun Cawapres mendatang. "Eman-eman modal bersih beliau, karena bagaimanapun pasti bakal habis terkena efek money politik jika terjun dalam Pilpres”. Urai doktor ilmu hukum yang juga asal Madura itu.

“Mengingat sekian banyak tim suksesnya diseluruh wilayah Indonesia, siapa yang dapat mengontrol dan mengawasi untuk tidak melakukan money politik ?!," pungkas rekan seangkatan Mahfud MD, semasa di UII Jogjakarta tersebut.

Agenda ketua MK RI tersebut sebelumnya berkunjung ke Ponpes Darussalam Blokagung, masuk Desa Karangdoro Kecamatan Tegalsari, Kabupaten Banyuwangi. Siang harinya usai Jum'atan, menjadi narasumber di sarasehan 'Orientasi Konstitusi Dalam Berbangsa Dan Bernegara' di hotel AJM Genteng, bersama IKA UII Jogjakarta, se eks Karesidenan Besuki. (Hakim Said)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Ketua MK Mahfud MD; Jangan Bicara Soal Capres-Cawapres Dululah

Terkini

Close x