Translate

Iklan

Iklan

Perlu Konsensus Bersama, Agar Keinginan Jember Jadi Pusat Tembakau Dunia “Jember Tobacco Center” Dapat Terwujud

9/21/12, 18:53 WIB Last Updated 2013-12-08T18:31:29Z


PT HM Sampurna Beli Tembakau Petani Jember, 40 ribu Per Kilogram

Jember, MAJALAH-GEMPUR.COM. Petani tembakau Jember saat ini sedang mengalami guncangan harga, sehingga petani banyak yang gulung tikar. Jika tetap dibiarkan, dikhawatirkan tembakau akan hilang dari Jember.

Untuk itu perlu ada penetuan harga yang layak, mengingat potensi tembakau yang selama ini jadi ikon dan lambang Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Jember serta jumlah gudang rokok yang ada di wilayah kabupaten Jember cukup besar, sehingga petani tidak lagi mengalami kerugian.

Demikian ungkap Ketua Himpunan kerukunan Tani Indonesia (HKTI), Jumantoro. Usai Acara Konsensus Standar Mutu Tembakau yang diselenggarakan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Timur Jumat (21/9) di Jember.

Menurut Jumantoro petani sebetulnya sangat mendukung apa yang dilakukan oleh Bupati Jember, MZA Djalal, dimana Bupati Jember sendiri sangat peduli dengan nasib petani. Namun yang disayangkan, pabrikan masih belum bisa mengapresiasi apa yang diinginkan Bupati Jember sebagai kepala daerah.

Dirinya berharap kedepan, tembakau masih tetap ada di Jember, bahkan bear-benar akan menjadi sebagai daun emasnya petani. Untuk itu agar Pabrik yang berada di Jember mau peduli kepada nasib petani tembakau sehingga petani akan di untungkan.

Disamping itu Jumantoro juga meminta dinas terkait yang berhubungann dengan pertembakauan, baik Pusat, Propinsi,  dan Daerah, termasuk KUTJ, tidak hanya tinggal diam , akan tetapi harus berpikir agar tembakau ini benar-benar menjadi komoditi yang menguntungkan semua pihak.

Agar cita-cita bersama untuk menjadikan Jember sebagai pusat tembakau dunia (Jember Tobacco Center) dapat terwujud. Untuk itu, diperlukan consensus semua pihak agar bisa menemukan solusi yang sama-sama menguntungkan antara petani dan pebrikan.

PT HM Sampurna Beli Tembakau Petani Jember, 40 ribu Per Kilogram
Sementara itu, Adi Sampurna, salah satu suplaiyer Sampoerna, menyampaikan bahwa PT HM Sampoerna, akam membeli Tembakau mulai dari bawah sampai atas, tidak terbatasi. Adi juga mengatakan bahwa kualitas tembakau Jember sebenarnya tidak usah di risaukan, kerana tembakau Jember memiliki kulaitas yang baik disbanding dengan tembakau laur Jember.


Untuk harga menurut Adi bahwa PT Sampoerna akan membeli tembakau petani seharga 40 ribu/kg, jika ada pabrikan yang berani diatas, maka dirinya mempersilahkan petani untuk menjual kepada pabrik lain. “kami hanya mampu membeli 40 ribu/kg, tapi tidak ada batas mulai atas sampai bawah. Silahkan petani yang memilih untuk menjual tembakaunya”, tegasnya. 

Berdasarkan informasi yang dihimpun Gempur saat petani tembakau yang tergabung dalam APTI, KTNA, HKTI dan SEKTI sekabupaten Jember melakukan aksi Senin, (3/8) di pemkab Jember dijelaskan oleh Bupati Jember MZA Djalal bahwa pabrik rokok Djarum saat itu sudah mau membeli tembakau milik petani seharga 3,4 Juta per kwintal dan Gudang Garam 3,3 juta perkwintal. (tgh/hms/eros)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Perlu Konsensus Bersama, Agar Keinginan Jember Jadi Pusat Tembakau Dunia “Jember Tobacco Center” Dapat Terwujud

Terkini

Close x