Translate

Iklan

Iklan

Ekspor Kopi Arabika Bondowoso Meningkat

10/04/12, 21:00 WIB Last Updated 2013-12-08T18:30:24Z
Bondowoso, MAJALAH-GEMPUR.Com. Ekspor kopi arabica kabupaten Bondowoso Jawa Timur mengalami peningkatan. Dari tahun sebelumnya yang hanya bisa 18 ton, tahun ini tembus 144 ton.


Peningkatan ratusan persen ini merupakan bentuk keberhasilan Pemerintah Kabupaten Bondowoso dalam melakukan pembinaan kepada petani kopi yang ada di Bondowoso, khususnya di wilayah Sumber Wringin dan Sempol.

Saat ini Kopi Arabica khas Bondowoso yang di ekspor ke beberapa Negara mencapai 8 kontainer, dengan kalkulasi, per kontainer berisi 18 ton, jadi total yang di ekspor sebanyak 144 ton.

“Capaian luar biasa ini tak lepas dari kegigihan petani kopi jenis arabica yang tergabung dalam cluster pengembangan kopi,” ungkap Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Kabupaten Bondowoso, Ir Matsakur (Kamis, 4 Oktober 2012)

Namun demikian, untuk menjaga kualitas ekspor ke Swiss, Amerika, Australia dan Belanda, Pemkab bersama  petani kopi akan melakukan standarisasi bibit dan harus terstandarisasi oleh Puslitkoka.

Info Dishutbun saat ini terdapat sekitar lima ribu hektar lahan areal perkebunan kopi Arabica dan akan bertambah, termasuk kelompoknya. Hal ini karena tingginya minat luar negeri dan besarnya keuntungan petani. Saat ini, sudah terdapat 30 kelompok dari sebelumnya yang hanya ada lima kelompok. (midd).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Ekspor Kopi Arabika Bondowoso Meningkat

Terkini

Close x