Translate

Iklan

Iklan

Inisiator DPD AWDI Jatim; Iklim Demokrasi, Berikan Tempat Bagi Masyarakat Untuk Menyampaikan Pendapat

10/24/12, 17:00 WIB Last Updated 2012-10-24T14:39:03Z

Surabaya, MAJALAH-GEMPUR.Com. Iklim Demokrasi yang sedang berjalan pasca Reformasi 1998, memberikan tempat  lebih luas bagi masyarakat untuk menyampaikan pendapat, menyerap aspirasi dan informasi.

Baik bersifat mikro, sekala kecil maupun makro, skala gobal. Hal ini memberikan dampak positif terhadap insan pers dalam menjalankan tugasnya sebagai kontrol sosial terhadap pelaksanaan pembangunan maupun memberikan ruang aspirasi masyarakat dalam menyampaikan informasi secara factual.

Sebagai wujud kemerdekaan dalam mengeluarkan pendapat atau pikiran baik secara lisan maupun tulisan sebagaimana diamanatkan oleh Pancasila dan UUD 1945, tentunnya harus tetap mengedepankan nilai-nilai luhur dalam mengiringi laju perkembangan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) seutuhnya ini.

“Dengan adanya Kemerdekaan Pers ini, Kedaulatan rakyat akan dapat terwujud”. Demikian diuraikan Inisiator dan Calon Fungsionaris Dewan Pimpinan Daerah Aliansi Wartawan Demokrasi Indonesia (DPD AWDI) Jawa Timur, I. Efendi kepada MAJALAH-GEMPUR.Com. Rabo, (24/10) di Surabaya.

Karena sendi-sendi dalam kedaulatan rakyat adalah terpenuhinya azas-azas pokok dalam suatu bentuk demokrasi yaitu keadilan, supremasi hukum yang dijamin sebagai hak azasi warga negara dalam berkomunikasi dan memperoleh informasi, untuk mengembangkan pribadi dan sosialnya serta berhak untuk mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, mempunyai, menyampaikan informasi dengan menggunakan saluran yang ada.


DPD AWDI. Akan Adakan Pelantikan Pengurus Dan Dialog Keterbukaan Informasi Publik
Dalam rangka konsolidasi dan mengembangkan organisasi, AWDI di seluruh Indonesia khusunya di Jawa Timur Menurut I. Efendi yang juga inisiator AWDI ini menjelaskan kepada MAJALAH-GEMPUR.Com bahwa lembanganya merasa perlu memperluas hirarki struktur kepengurusan.

Guna lebih tertampungnya aspirasi yang berkembang dari para insan pers secara khusus dan dan masyarakat secara umum dan terakomodir dalam jangkauan bentuk yang bersinergi guna membangun bangsa dan negara.

Dalam uraian lebih lanjut tentang organisasi AWDI, pria murah senyum yang sudah sarat pengalamannya ini juga menjelaskan bahwa AWDI adalah organisasi kemasyarakatan yang berazaskan Pancasila, bersifat kekeluargan, kebersamaan, kesatuan dan persatuan serta gotong royong dengan ciri "Profesionalisme, yang bergerak dalam misi kewartawanan yang merupakan bagian dari insan pers dalam memberikan pengabdiannya dengan prinsip-prinsip demokrasi, Keadilan dan Supremasi Hukum"

Untuk itu dalam rencana Pengukuhan dan Pelantikan Pengurus yang akan dilaksanakan pada medio Nopember ini, dengan tema "Jadikan Kemerdekaan Pers sebagai Tonggak Profesionalisme Insan Jurnalis yang ber-Pancasila-is", juga direncanakan adanya Dialog Publik yang mengupas "Implementasi UU RI No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP)" dengan para nara sumber yang berkompenten di bidangnya serta dari nara sumber Komisi Informasi, demikian pungkasnya. (Fen).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Inisiator DPD AWDI Jatim; Iklim Demokrasi, Berikan Tempat Bagi Masyarakat Untuk Menyampaikan Pendapat

Terkini

Close x