Translate

Iklan

Iklan

Menteri P3A, Dorong Bondowoso Menuju Kabupaten Layak Anak

10/02/12, 17:26 WIB Last Updated 2013-12-08T19:35:33Z

Bondowoso. MAJALAH-GEMPUR.Com. Usai dapat Penghargaan Adipura WTP dalam pengelolaan anggaran dari Presiden, Pemkab Bondowoso kini mempersiapkan diri menjadi Kabupaten Layak Anak.

Upaya Pemkab Bondowoso untuk menarik perhatian pemerintah pusat, patut diapresiasi. Tak tanggung-tanggung, kota kecil yang beberapa tahun belakangan kurang mendapat perhatian, kali ini kembali mendapat perhatian dari pemerintah pusat.

“Kabupaten Bondowoso Sebenarnya tidak masuk dalam Kabupaten/Kota yang akan ditetapkan sebagai Kabupaten Layak Anak, namun termasuk Kabupaten yang aktif memperjuangkan hak anak. “Bondowoso ini tidak masuk dalam data, namun memiliki keinginan kuat untuk menjadi Kabupaten layak anak”

Demikian ungkap Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Linda Amalia Sari Gumelar Selasa (02/10), saat melakukan kunjungan di kabupaten Bondowoso. Menurut Istri Agum Gumelar ini, dari 60 Kota/Kabupaten di Indonesia yang ditunjuk menjadi Kabupaten Layak Anak, 40 diantaranya mengajukan diri sebagai Kabupaten Layak Anak termasuk Bondowoso.

Kabupaten Layak Anak adalah Kabupaten yang mempunyai sistem pembangunan berbasis hak anak melalui pengintegrasian komitmen dan sumberdaya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan, program dan kegiatan untuk menjamin terpenuhinya hak anak.

Meski dibandingkan dengan negara tetangga, perlindungan anak diIndonesia belum bisa maksimal, namun pemerintah pusat terus berusaha untuk memenuhi hak hak anak Indonesia. Untuk menuju penerapan hak hak anak, pemerintah telah membuat peraturan yang mengatur semuanya. “Saat ini tinggal bagaimana mensosisalisasikan kepada masyarakat tentang pentingnya pemenuhan hak anak,” lanjutnya.

Untuk itu kehadirannya kali ini dalam rangka memantau sejauh mana kesiapan Bondowoso menjadi Kabupaten layak anak dan membantu perlindungan advokasi. Agar anak-anak memiliki perlindungan hukum yang pasti. “Banyak bantuan yang diberikan kepada Kabupaten/Kota yang sedang menuju layak anak, untuk itu kami bantu perlindungan advokasinya,” Pungkasnya

Sebelum ke Pendopo Kabupaten Bondowoso Menteri P3A menyempatkan mengunjungi PAUD, Taman Kanak-Kanak Widya Mandala di Desa Kembang Kecamatan Bondowoso dan melihat kegiatan atau aktifitas anak-anak yang belajar disana. (midd)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Menteri P3A, Dorong Bondowoso Menuju Kabupaten Layak Anak

Terkini

Close x