Translate

Iklan

Iklan

Smoking Area RS dr Soebandi Jember Dari DBHCHT, Beralih Fungsi

10/18/12, 18:03 WIB Last Updated 2013-12-08T19:34:15Z
Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Pemerintah pusat kucurkan Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau ke daerah penghasil tembakau guna dimanfaatkan untuk pembangunan fisik dan pemberdayaan.


Kabupaten Jember, sebagai penghasil tembakau yang tergolong cukup besar juga menerima Dana Bagi Hasi Cukai Hasil Tembakau (DBHCT). Nilainyapun milyaran rupiah, salah satu leading sektor penerimanya Disamping, Dishudbun, Disperindag ESDM dan dinas-dinal lain adalah Dinas Kesehatan.

Sesuai dengan DPA TA 2009 Dinas Kesehatan mendapatkan dana 490 juta untuk pembangunan Smooking Area. Dana ini diperuntukkan pembangunan Smooking Area di sepuluh titik lokasi  Rumah Sakit Daerah dan beberapa puskesmas di Kabupaten Jember. Masing-masing Smooking Area mendapatkan jatah anggaran 49 juta

Demkian disampaikan Ketua LSM Government Corruption Watch Andy Sungkono saat ditemui wartawan majalah Gempur, Kamis (18/10) di Jember. Menurut Andik panggilan akrapnya bahwa pembangunan Smooking Area sebenarnya hanya satu tanpa dipecah.

Berdasar kode rekening, pembangunan yang menelan dana sebesat 490 juta tersebut ini seharusnya utuh. Namun kenyataan berubah, dana 490 juta dipecah menjadi 10 paket dan 10 titik lokasi yang berbeda.

Disamping dipecah, tambah andik Smooking Area yang berada di lingkungan RSD Soebandi dengan luas sekitar 3 m2 yang awalnya di gunakan bagi perokok, kini beralih fungsi sebagai tempat transforter (tempat transportasi pasien). Kondisi ini membuat masyarakat merokok di sembarang tempat dan tidak mendapat teguran dari pihak RSD Soebandi Jember.

“Ada yang salah terkait perubahan fungsi Smooking Area tersebut. Jika bangunan itu di bangun untuk Smooking Area ya harusnya tetap untuk Smooking Area, bukan di fungsikan untuk yang lain. Ini jelas melanggar“ Ungkapnya.

Sampai berita ini diturunkan belum ada klarifikasi resmi dari pihak RSD Soebandi Jember. Direktur RSD Soebandi dr Yuni Ermita saat dihubungi via ponsel nada sambung aktif tapi tak diangkat dan Kemudian dihubungi via sms juga tidaak membalas. (midd)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Smoking Area RS dr Soebandi Jember Dari DBHCHT, Beralih Fungsi

Terkini

Close x