Translate

Iklan

Iklan

Tujuh Tahun Urus Sertifikat Tanah, Masih Belum Kelar

10/14/12, 23:00 WIB Last Updated 2012-10-15T03:15:31Z

Banyuwangi, MAJALAH-GEMPUR.Com. Layanan pemerintah terkait Sertifikat tanah selama ini sebenarnya sudah mengkedepankan solusi kemudahan. Namun dalam pelaksanaannya justeru sering menuai kendala.

Ironisnya, salah satu kendala itu seringkali akibat dugaan penyalahgunaan wewenang oleh aparatur pemerintah Desa yang diawal bermanis-manis hendak menyelesaikan sertifikat warga, tetapi kenyataannya justeru tidak melakukan pengurusan sebagaimana mestinya.

Kejadian tersebut salah satunya menimpa seorang warga bernama Mohamad Hanafi, 52, yang tinggal di Dusun Krajan RT 06 RW VII, Desa Kalibaru Wetan, Kecamatan Kalibaru. Sudah 7 tahun lamanya ia megurus sertifikat tanah miliknya, tetapi hingga hari ini belum selesai jua.

Sebagaimana penuturannya kepada media ini, sejak tahun 2007 lalu, ia sudah memberikan akte jual beli sebidang tanah kaplingnya kepada Sekdes Kalibaru Wetan, Joko Pamungkas, SH, guna diuruskan menjadi sertifikat. "Waktu itu sekaligus uangnya juga saya berikan ke Pak Joko, sebesar Rp 965 ribu. Katanya uang segitu sudah termasuk pengurusan lewat jalan tol," Ungkap korban Mohamad Hanafi kepada media ini Minggu (14/10) di Kalibaru.

Namun setelah ditunggu-tunggu dari bulan ke bulan hingga tahun ke tahun, ternyata sertifikat yang diuruskan oleh Sekdes Joko Pamungkas, tidak kunjung selesai. Bahkan untuk usaha mempercepat penyelesaian, sempat Mohamad, minta tolong kepada beberapa kenalannya yang mengaku sebagai wartawan, namun tidak juga membuahkan hasil. "Saya hampir putus asa Pak, karena sampai detik ini sertifikat saya belum kelar," ujarnya prihatin kepada media ini.

Sekdes Joko Pamungkas, yang berhasil dihubungi media ini melalui ponselnya mengakui terus terang kebenaran terima akte jual beli tanah beserta uangnya dari Mohamad, untuk diproses menjadi sertifikat. "Iya mas, saya mengalami kendala dilapangan dalam pengurusan sertifikat tersebut. Tapi saya berjanji akan secepatnya menyelesaikannya," jawabnya tanpa menjelaskan kendala yang dihadapinya. (Tim Bwi)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tujuh Tahun Urus Sertifikat Tanah, Masih Belum Kelar

Terkini

Close x