Translate

Iklan

Iklan

Taman Nasional Baluran, Bukti Nyata Keindahan Alam Di Indonesia

12/01/12, 15:39 WIB Last Updated 2012-12-01T09:24:59Z
Baluran, Bukti Nyata Keindahan Alam Di Indonesia
Banyuwangi, MAJALAH-GEMPUR.Com. Taman Nasional Baluran, kekayaan alam Indonesia yang harus dijaga kelestariannya. Ekosistem  yang cukup lengkap ini meliputi pegunungan, hutan, savanah, dan pantai.

Pasalnya di wilayah Taman Nasional Baluran sampai saat ini masih terdapat habitat yang sangat beragam seperti banteng jawa, macan tutul, anjing hutan, rusa timor, kijang, dan berbagai jenis keluarga reptil dan burung-burung.

Selain itu, wilayah perairan di kawasan ini juga memiliki keindahan taman bawah laut yang mempesona.  40% merupakan ekosistem savanah atau padang rumput. karena itu taman nasional ini juga dikenal sebagai miniatur pariwisata afrika di Indonesia.

Adapun tempat-tempat menarik untuk di kunjungi di hutan lindung yang terletak di ujung timur pulau jawa ini diantaranya; Pantai Bama, Curah Tangis, Goa Jepang, Sumur Tua, Evergeen Forest, Savanah Bekol, Gunung Baluran, Pantai Bilik & Pantai Sijile. Sedangkan fasilitas yang sudah tersedia: Guide, Penginapan, Information Center, Visitor Center, Mangrove Trail (jalur wisata yang membelah hutan bakau di sekitar Bama), Menara Pantau, dll

Disamping itu akses menuju Baluran terbilang mudah karena taman nasional ini dilewati jalur pantura yang menghubungkan Surabaya-Banyuwangi. fasilitas yang tersedia di Taman Nasional Baluran yang berada dalam wilayah Kabupaten Situbondo dan Banyuwangi, Jawa Timur ini cukup memadai.

Akses ke Wisata Taman Nasional Baluran inipun juga tidfak sulit. Dari Surabaya naik bis jurusan Banyuwangi; turun di Pintu Masuk Taman Nasional Baluran Situbondo.

Tempat-Tempat Yang Dapat dikunjungi
Pantai Bama: Sebuah pantai yang sangat indah; hutan di sekitar pantai Bama juga kaya akan flora fauna yang tentu saja menjadi daya tarik tersendiri. pantai Bama juga memiliki keindahan taman bawah laut yang mempesona, terdapat sebuah pesanggrahan (shelter) dengan kapasitas sekitar 28 orang.

Curah Tangis: bagi anda yang gemar melakukan kegiatan rock climbing, baluran juga mempunyai spot menarik untuk menyalurkan hobi anda. dengan ketinggian sekitar 30-40 meter, tebing ini sangat menantang untuk di panjat. Goa Jepang Baluran: Terletak di wonorejo, bisa melengkapi perjalanan anda menjelajahi taman nasional baluran. Sumur Tua: konon sumur ini merupakan peninggalan kerajaan Majapahit.

 Evergeen Forest: hutan hijau sepanjang tahun. dihutan ini terdapat jalur untuk mengamati flora fauna. Savanah Bekol: Afrika di jawa. Bekol merupakan hamparan luas padang savanah. di sini terdapat sebuah
menara pandang untuk mengamati aktifitas satwa liar seperti banteng jawa, kijau, anjing liar, merak, dll.

Gunung Baluran: gunung dengan ketinggian sekitar 1247 mdpl. Pantai Bilik & Pantai Sijile: seperti Bama, pantai ini juga memiliki keindahan alami yang mempesona, hanya saja masih belum ada pesanggrahan di sekitar pantai ini, dll

Dengan banyaknya tempat-tempat yang dapat dikunjungi, sehingga kita mudah untuk melakukan berbagai macam aktifitas menarik yang dilakukan di Taman Nasioanl Baluran ini, mulai dari trekking, hiking, snorkling, diving, climbing, fishing, dll.

Dari menara pandang di savanah Bekol kita juga bisa mengamati seluruh penjuru savanah dan segala kegiatan satwa yang terjadi. jika beruntung mungkin kita bisa menyaksikan macan tutul atau anjing liar yang sedang berburu kawanan kijang atau rusa.

Populasi Satwa Cukup Menghawatirkan. 
Meskipun terkenal dengan habitat banteng jawa, jumlah populasi satwa tersebut ternyata barada dalam kondisi yang cukup mengkhawatirkan. Menurut pihak pengelola Taman Nasional Baluran, bukan populasi banteng jawa saja yang mengalami penurunan, melainkan juga jumlah populasi rusa timor dan kijang.

Sedangkan untuk populasi macan tutul dan anjing liar masih dalam batas aman karena posisi mereka sebagai predator atau pemangsa. (Hakim Said)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Taman Nasional Baluran, Bukti Nyata Keindahan Alam Di Indonesia

Terkini

Close x