Translate

Iklan

Iklan

Alasan Tak Punya Obat. Puskesmas Tegalsari Tolak Pasien Dipatuk Ular

1/17/13, 19:00 WIB Last Updated 2013-12-08T19:29:12Z
Banyuwangi, MAJALAH-GEMPUR.Com. Program layanan kesehatan bagi masyarakat menengah kebawah oleh Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, ternyata diciderai oleh jajaran ditingkatan bawahnya.

Salah satu contohnya dialami Poniyah (55), warga Dusun Tugurejo RT 01 RW II, Desa Tegalrejo, Kecamatan Tegalsari. Saat ia bermaksud berobat di Puskesmas Tegalsari, karena kaki bagian kanannya luka akibat dipatuk ular, justeru ditolak dengan alasan yang tidak nalar.

Kepada media ini, Kamis (17/1) perempuan paroh baya yang kesehariannya sebagai buruh tandur (menanam padi,Red) di sawah menyatakan penyesalan mendalamnya. “Jangankan diobati, atau ditangani, dilihat atau ditanya mana yang sakit saja tidak kok ? Saya ini tahunya di Puskesmas bisa mengobati semua penyakit, lha kok waktu saya mengobatkan kaki kanan akibat dipatuk ular di sungai, eh malah ditolak dan disuruh ke RD Alhuda,” ungkapnya seraya menegaskan, bahwa di Puskesmas Tegalsari, tidak ada obat akibat digigit ular.

Karena takut biaya mahal, Poniyah-pun tidak berangkat ke RS Alhuda, tetapi langsung pergi berobat ke salah satu bidan Desa setempat. Disitu iapun lagsung ditangani dan diobati melalui injeksi. “Biayanya hanya Rp 75 ribu, sekarang sudah agak enakan mas,” tuturnya.

Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi, Dr. Rio, yang dihubungi melalui sms terkait penolakan pasien luka akibat dipatuk ular oleh Puskesmas Tegalsari, berjanji akan menindaklanjuti hal tersebut. “Kebetulan saya lagi rapat di Surabaya mas, atau langsung temui Pak Hadi Sutoyo, Kasi Pelayanan Kesehatan (Yankes),” tulisnya via sms.

Kasi Yankes, Hadi Sutoyo, ditemui diruangannya sangat menyesalkan perilaku petugas Puskesmas Tegalsari, tersebut. “Seharusnya pasien diberikan pertolongan pertama dengan cara di insisi trus disuntik. Setelahnya jika memang harus dirujuk ke RS Alhuda, mestinya diantar dengan mobil ambulance, bukannya disuruh berangkat sendiri,” jelasnya.

Terkait pelayanan Puskesmas Tegalsari, Hadi Sutoyo, berjanji akan memanggil kepala Puskesmas. “Akan kita berikan surat teguran dan pembinaan supaya membenahi kinerjanya,” tandasnya. (Hakim Said)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Alasan Tak Punya Obat. Puskesmas Tegalsari Tolak Pasien Dipatuk Ular

Terkini

Close x