Translate

Iklan

Iklan

Bupati Bondowoso, Berikan Jamkades Kepada Perangkat Desa

1/08/13, 19:30 WIB Last Updated 2013-12-08T19:30:46Z
Bondowoso, MAJALAH-GEMPUR.Com. Kepala Desa dan Perangkat Desa, boleh bernafas legah. Pasalnya selain akan diberikan jaminan kesehatan, mereka juga akan mendapatkan tunjangan.

Kebijakan jaminan ini sebagai upaya peningkatan kinerja pemerintah. Selain itu, untuk memberikan perlindungan dan jaminan kesehatan bagi kepala desa dan perangkat desa. Sehingga mereka tidak perlu kesulitan saat sewaktu-waktu musibah penyakit datang.

Demikian ungkap Bupati Bondowoso Drs H Amin Said Husni Selasa (8/1) dalam kunjungan kerja (kunker) Sosialisasi APBD 2013 di kantor Kecamatan Botolinggo, Selasa (8/1/2013). Selain memberikan jaminan kesehatan, Bupati juga memberikan tunjangan kepada kepala desa yang purna tugas serta jaminan bagi mereka yang meninggal dunia.

Pasalnya peran kepala desa dan perangkatnya sangat penting dan menjadi ujung tombak program-program pembangunan pemerintah. Selain memberikan jaminan kesehatan, Bupati juga menaikkan tunjangan kepala desa dan perangkat. Bahkan, tunjangan untuk guru ngaji pada tahun 2013 ini mengalami peningkatan.

“Kebijakan ini merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan kinerja aparatur pemerintahan desa dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat,” ujar Bupati Bondowoso, Drs. H. Amin Said yang disambut tepuk tangan meriah tersebut.

Untuk mempermudah pelaksanaannya, mereka yang berhak menikmati layanan Jaminan Kesehatan Perangkat Desa (Jamkades) ini diberikan sebuah kartu yang langsung dibagikan secara simbolis terhadap para kepala desa dan perangkat. Hanya saja, layanan Jamkades tersebut berlaku untuk satu istri dan dua anaknya saja.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga memberikan bantuan berupa alat transportasi berupa mobil terhadap kelompok tani. Bantuan tersebut diharapkan bisa mempermudah sehingga bisa membantu meningkatkan kehidupan masyarakat di daerah pedesaan.

Alat transportasi ini akan berguna bagi masyarakat sebagai penghubung dari daerah satu ke daerah lainnya
sehingga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat.

Amin Said Husni lebih lanjut mengatakan bahwa pengentasan kemiskinan menjadi perhatian khusus untuk terus ditingkatkan. Sehingga pertumbuhan ekonomi masing-masing desa bisa berkembang pesat sehingga dapat mensejahterakan masyarakat. Pasalnya, desa menjadi ujung tombak pertumbuhan ekonomi.

“Beberapa program pemerintah seperti plesterisasi, PNPM-MPd, dan program lainnya terus digalakkan. Sehingga hal ini bisa berdampak pada percepatan ekonomi yang lebih tinggi,” ujar Amin Said Husni yang disambut tepukan meriah para undangan.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua DPRD Bondowoso, H. A. Dhafir menegaskan bahwa pelayanan ini tidak jauh berbeda dengan pelayanan Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) dan Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda). Bagi mereka yang tidak punya kartu Jamkesda ataupun Jamkesmas, maka per Januari 2013 bisa langsung mengakses layanan kesehatan gratis di Puskesmas.

“Kami banyak menerima keluhan perihal Jamkesda atau Jamkesmas yang tidak tepat sasaran. Kami sudah mengubah pola. Setiap warga Bondowoso yang ingin berobat secara gratis di Puskesmas, baik  yang kaya atau yang miskin cukup membawa KTP,” pungkasnya. (midd)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bupati Bondowoso, Berikan Jamkades Kepada Perangkat Desa

Terkini

Close x