Translate

Iklan

Iklan

Tegang, Pengumuman Verifikasi Faktual Calon Perseorangan di KPUD Bondowoso

1/30/13, 19:00 WIB Last Updated 2013-01-31T02:48:03Z
Bondowoso, MAJALAH-GEMPUR.Com. Tak mudah memang jika maju dalam Pemilukada lewat jalur independen. Dibutuhkan dukungan murni dari masyarakat langsung, jumlahnyapun juga tak sedikit.

 Sehingga para calon yang akan berangkat harus bekerja keras. Pasalnya pendaftaran calon bupati kepala daerah dalam Pemilukada Bondowoso 2013 semakin dekat, bahkan sekarang sudah memasuki tahap pengumuman verifikasi faktual.

Terkait hal tersebut, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Bondowoso, Rabu (30/1) mengumumkan hasil verifikasi faktual jumlah dukungan calon perseorangan, kedua pasangan calon independen, SOMA dan BISA belum memenuhi batas minimal suara dukungan yang sah sesuai peraturan, karena dukungan yang masuk setelah di verifikasi ternyata banyak yang tidak sah.

Ketua KPUD Bondowoso, M. Zainuddin, mengatakan bahwa pihaknya akan memberikan waktu perbaikan pada kedua pasangan calon independen. Waktu perbaikan ini akan berlangsung selama satu minggu sesuai dengan peraturan yang berlaku, yaitu pada tanggal 14 sampai dengan 20 Februari. “Jadi, dari 14 hingga 20 Februari, para calon independen ini harus menyerahkan dukungan tambahan,” kata M. Zainuddin, di depan tim sukses kedua pasangan calon perseorangan.

Untuk jumlah dukungan tambahan, KPUD hanya menerima jumlah dukungan maksimal dua kali dari jumlah dukungan yang tidak sah. Berdasarkan hasil verifikasi, jumlah dukungan pasangan SOMA yang menyetorkan bukti dukungan sebanyak 35.552 ini, sudah diverifikasi dan menghasilkan bukti dukungan sah sejumlah 14.482 dan yang tidak sah berjumlah 16.059. Sehingga pasangan ini harus menyetorkan kekurangan jumlah dukungan dua kali lipatnya, sebanyak 32.118 bukti dukungan.

Sedangkan untuk pasangan BISA dari jumlah dukungan yang disetorkan sebanyak 35.842 yang dinyatakan sah sebanyak 13.800 dan yang tidak sah sebanyak 17.141. Maka pasangan BISA harus menyetorkan jumlah kekurangan dukungan dua kali lipatnya, sebanyak 24.282.

Sempat bersitegang saat para tim sukses menentang hasil verifikasi dari KPUD Bondowoso. Pasalnya, dalam melakukan verifikasi ditemukan berbagai indikasi adanya intimidasi dari berbagai oknum terutam perangkat desa, sehingga para tim sukses ini menganggap hasil verifikasi tersebut tidak netral. (midd)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tegang, Pengumuman Verifikasi Faktual Calon Perseorangan di KPUD Bondowoso

Terkini

Close x