Translate

Iklan

Iklan

Wabah Penyakit Demam Berdarah Di Bondowoso, Dipridiksi Akan Mengalami Peningkatan

1/11/13, 19:00 WIB Last Updated 2013-12-08T19:30:02Z
Bondowoso, MAJALAH-GEMPUR.Com. Wabah Penyakit Demam Berdarah di  Bondowoso Jawa Timur tahun ini, dipridiksi akan mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Berdasarkan data yang dihimpun, Tahun 2012 tercatat sekitar 162 penderita, 5 di antaranya meninggal dunia. Sementara di awal bulan Januari saja, sejak tanggal 1 sampai 9 Januari sudah terdapat 21 orang penderita. Wabah Ini di perkirakan masih akan mengalami peningkatan hingga akhir tahun 2013 mendatang.

jika melihat dari data sementara tersebut dapat di prediksi bahwa jumlah penderita DB untuk tahun 2013 ini akan Lebih besar di banding tahun sebelumnya, kami prediksikan jumlah penderita DB akan bertambah,” ujar Kepala Pengendali Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL), dr Arif Sudibyo saat dikonfirmasi wartawan Jum’at (11/1)

Guna menekan lonjakan jumlah penderita menurut Arif, pihak Dinas Kesehatan Bondowoso sudah melakukan berbagai upaya termasuk salah satunya melakukan Foging di Tempat yang positif terjangkit DB serta melakukan penyuluhan kepada masyarakat melalui tenaga medis  dan poster untuk menyadarkan masyarakat akan bahaya penyakit DB dan upaya pencegahannya.

Arif juga menjelaskan bahwa memasuki tahun 2013 dan 2014 mendatang Bondowoso akan mengalami siklus DB lima tahunan. Dimana berdasarkan catatan, Bondowoso pernah mengalami  lonjakan penderita  DB yakni pada tahun 2006 dan tahun 2010 yang menjadi 2 kejadian luar biasa.

Karena Itu, dokter Arif mengharapkan kepada seluruh masyarakat Bondowoso untuk tetap waspada dan berpartisipasi dalam menekan penyebaran wabah penyakit DB dengan cara melakukan 3 M Plus, yakni menguras, menutup tempat penampungan air dan mengubur barang-barang bekas yang bisa menampung air serta  menaburkan bubuk anti jentik  di tempat penampungan air  yang sulit di kuras.

Terutama di daerah padat penduduk yang pernah menjadi daerah tertinggi Kasus DB-nya yakni kecamatan Kota, Kecamatan Tenggarang dan Kecamatan Tapen. (midd)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Wabah Penyakit Demam Berdarah Di Bondowoso, Dipridiksi Akan Mengalami Peningkatan

Terkini

Close x