Translate

Iklan

Iklan

Bupati Bondowoso, Amin Said Husni Beri Bantuan Alat Panen Kepada Petani

2/04/13, 17:00 WIB Last Updated 2013-12-08T18:24:24Z
Bondowoso, MAJALAH-GEMPUR.Com. Menyadari kesulitan petani mecari pekerja setiap musim panen, Bupati Bondowoso memberi bantuan alat panen padi modern dan canggih berupa combine harvester.

Alat-alat ini cepat dan peraktis serta hasilnya sangat memuaskan. Bantuan itu, menurut Amin Said Husni, semata didasarkan pengalaman petani yang selalu kesulitan mencari tenaga kerja saat musim panen. Saatnya mengondisikan musim panen sudah tidak lagi menggunakan tenaga manusia. Tetapi sudah mulai menggunakan alat panen dengan mesin.

“Ini merupakan respons pemerintah daerah terhadap keluhan yang dialami petani saat masa panen raya mereka banyak kesulitan mencari tenaga kerja,” ujar Amin Said Husni dalam acara pemberian bantuan di Desa Jurang Sapi, Kecamatan Tapen kepada Gapoktan.

Amin Said Husni menjelaskan, Combine Harvester merupakan alat pemanen padi yang dapat memotong bulir tanaman yang berdiri, merontokkan dan membersihkan gabah sambil berjalan. Dengan demikian waktu pemanen lebih singkat dibandingkan dengan menggunakan tenaga manusia (manual) serta tidak membutuhkan jumlah tenaga kerja manusia yang besar.

“Bantuan tersebut merupakan bantuan dari Kementerian Pertanian seharga Rp. 350 juta per unit. Alat tersebut juga memiliki kapasitas 0,8 hektare per jam dan hanya membutuhkan sekitar empat orang tenaga kerja. Dalam sehari bisa digunakan dalam waktu delapan jam, sehingga sehari mesin ini mampu memanen untuk 6,4 hektare lahan padi,” ujarnya.

"Dibanding secara manual, panen hanya bisa untuk 1,5-2 ha lahan dengan tenaga kerja yang dibutuhkan sekitar 25 orang. Alat ini sangat produktif," tambahnya usai melakukan uji coba alat tersebut di areal persawahan.

Menurutnya, mulai tahun depan akan dibantu dengan alat panen otomatis yang lebih canggih lagi. Alat ini bukan dimaksudkan untuk menghilangkan kesempatan kerja masyarakat, namun lebih memudahkan. Karena alat ini, menurut bupati, pengoperasionalannya masih menggunakan tenaga manusia.

Lebih lanjut Amin Said Husni menjelaskan, sebelumnya juga telah menyalurkan bantuan ratusan handtracktor dan belasan kendaraan roda 4 kepada kelompok tani. Bupati berharap petani bisa meningkatkan produktivitas hasil panen para petani di Bondowoso sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Acara pemberian bantuan alat panen senilai Rp 17,75 miliar ini didampingi Kepala Dinas Pertanian dan Holtikultura, Ir. Wahyudi Tri Atmaji, MM, Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan, Ir. Matsakur dan Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan, H. Hindarto, M. Si, Senin (4/2/2013) siang.

Sementara menurut Kepala Dinas Pertanian dan Holtikultura, Ir. Wahyudi Triatmaji, MM, bantuan tersebut diberikan kepada 5 Gapoktan yang tersebar di Kecamatan Tapen, Pujer, dan Kecamatan Cermee.
Wahyudi Triatmaji berharap agar pemberian bantuan alat panen padi modern ini tidak menimbulkan masalah sosial, sebab alat panen modern itu akan membuat buruh tani kehilangan pekerjaannya.

"Ya dampaknya memang ada, makanya Pak Bupati tadi menyampaikan agar penggunaan mesin ini harus bijaksana. Mesin ini tidak boleh digunakan apabila pekerja buruh tani masih banyak. Namun saat kekurangan tenaga kerja, maka mesin tersebut bisa digunakan," ucapnya.

Untuk itu, Wahyudi Triatmaji berpesan kepada para Gapoktan atau Poktan agar dapat mengunakan dan memanfaatkan bantuan alat pertanian dengan sebaik-baiknya sehingga target Bondowoso untuk menjadi daerah penyumbang beras terbanyak dapat tercapai.

"Selain itu saya juga minta agar Gapoktan atau Poktan yang menerima alat ini juga dapat berbagi atau meminjamkan kepada para Gapoktan lain yang ingin memakai alat pertanian ini," pintanya.

Adanya bantuan bupati ini membua para petani berterima kasih kepada Bupati Bondowoso, Amin Said Husni yang telah memberikan bantuan alat pertanian tersebut. "Saya mewakili seluruh masyarakat petani berterima kasih atas bantuan yang telah diberikan ini," ujar Sutiwar, petani asal Cermee. (midd)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bupati Bondowoso, Amin Said Husni Beri Bantuan Alat Panen Kepada Petani

Terkini

Close x