Translate

Iklan

Iklan

Peringati Maulid Nabi Muhammad; Gelar Fashion Show Alah Siswa Madrasah Aliyah Ma’arif

2/17/13, 17:00 WIB Last Updated 2013-02-19T17:45:26Z
Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Laiknya model profesional, puluhan pelajar berlenggak lenggok diantara ratusan pengunjung yang memadati pelataran sebuah Madrasah Aliyah Ma’arif Ambulu, sorak sorai penonton terdengar riuh.

 Sesekali langkah para model itu terhenti, tangan berkacak, senyumpun merekah diantara kedua bibir mereka, sehingga menambah hingar suasana pada siang itu. Dengan berlatar pentas sederhana dan papan berbalut karpet warna hijau, model dadakan inipun terlihat cukup luwes, mereka tampak elegan dalam berpose diatas catwalk minimalis tersebut.

Satu persatu, peragawan-peragawati itu menyusuri catwalk diantara kerumunan para penonton. Beragam design busana diperagakan, mulai dari nuansa tradional, modern, hingga kostum yang terkesan sangar. “Ide ini murni dari siswa,” tegas Eva Rusdiana,siswi kelas X yang menjadi salah satu peserta.

Dengan mengusung tema “Recycling” yakni sebuah konsep busana daur ulang dari bahan bekas pakai, secara bersama-sama para siswa yang terlibat, mendaur ulang barang-barang seperti botol bekas, bungkus sabun dan plastik bekas, bahkan ada bahan dari plastik bekas penutup penangkaran benih, atau plastik mulsa, dan juga kepingan Compact Disc bekas yang dikreasikan menjadi busana beserta ornamen penghiasnya.

“Kami hampir seminggu meyelesaiakan gaun ini,” ujar  Laili Nur Azizah, siswi kelas XII jurusan IPA sekolah tersebut. ia dan teman-temannya memberi nama “The Princes Sweety Rubies Of Sain G” untuk hasil karya mereka.  Sementara peserta yang lain, Akbar, menamai gaunnya “The Prince Dark Night Sain G”.

Peragaan busana tersebut, sengaja digagas oleh Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Madrasah Aliyah Ma’arif Ambulu (MAMA), Jember, untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, Minggu (17/02/13). “Kami ingin merubah kesan bahwa acara Maulid (Peringatan Hari Lahir Muhammad), tak harus diisi dengan agenda ceramah atau pengajian,” ungkap Ketua Panitia, Muhammad Heru Salisi, disela-sela event yang sedang berlangsung. Meski beragam design, namun seluruh busana yang ditampilkan tetap bernuansa islami. 

Apa yang dilakukan siswa, sekilas memang terkesan hura-hura. Namun menurut Heru, ada pesan kuat yang ingin disampaikan, “dan hal ini sesuai dengan apa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad,” katanya. Salah satunya adalah pemanfaatan barang bekas agar dapat kembali berguna, lebih dari itu, pembentukan sikap hemat juga tercermin dalam momentum ini, “jangan boros barang, jadi apa yang masih bisa digunakan ya digunakan,” tukas siswa kelas XI tersebut.

Sementara, Kepala Sekolah MAMA, Kasdib Junaidi, menuturkan, peringatan Maulid Nabi kali ini juga diiringi rangkaian kegiatan lainnya. Sebelumnya, bazar produk dan karya siswa, telah dibuka sejak sabtu kemarin, dan sebelum gelaran fashion show dimulai, terlebih dulu diawali jalan-jalan sehat yang melibatkan masyarakat umum.  

Kasdib menambahkan, kegiatan tersebut adalah kali ketiga yang digelar oleh lembaganya, “selain sebagai ajang kreasi, agenda ini juga kami jadikan proses pembelajaran, sehingga ada pengembangan skill bagi siswa,” pungkasnya.(rus)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Peringati Maulid Nabi Muhammad; Gelar Fashion Show Alah Siswa Madrasah Aliyah Ma’arif

Terkini

Close x