"Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.", "Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.","Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72."
Custom Search

Jumat, 12 April 2013

Bupati Bondowoso Berikan Ratusan Kepada Pengusaha Kecil dan Menengah

Bondowoso, MAJALAH-GEMPUR.Com. Pemkab Bondowoso Jawa Timur melalui Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bondowoso serahkan bantuan sarana produksi bagi pelaku usaha IKM dan UKM.

Pemberian bantuan secara simbolis diserahkan oleh Bupati Bondowoso Drs. H. Amin Said Husni menyerahkan di Pendopo Kabupaten, Jum’at (12/04). Hadir dalam acara tersebut, dan Sekretaris Daerah, Ketua DPRD, Kepala Diskoperindag serta 400 lebih pelaku usaha.

Bupati mengatakan, pelaku usaha kecil dan menengah pada sektor industri mempunyai peran vital. Hal itu disebabkan kegiatan industri dapat menyerap tenaga kerja dan memperluas lapangan usaha.

Bantuan diberikan kepada 254 unit usaha. Seluruh penerima merupakan unit usaha binaan Diskoperindag. Usaha itu antara lain industri kecil pengecatan kendaraan 15 unit usaha, perbengkelan 20 unit, pandai besi 25 unit, kuningan 6 unit, bahan pangan 16 unit, reparasi kendaraan 18 unit, ukir kaca 10 unit, konveksi kecil 15 unit, meubel 15 unit, vulkanisir 19 unit, tahu/tempe 10 unit, kripik 15 unit, pupuk 10 unit, makanan ringan 15 unit, kue 18 unit, genteng 5 unit, industri pengolahan pangan 6 unit, dan UMKM 10 unit.

Bupati mengharapkan agar penerima bantuan memanfaatkan dengan sebaik-baiknya bantuan tersebut, guna meningkatkan usaha supaya lebih maju dan berkembang dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Ini bagian dari upaya pemberdayaan masyarakat, karena sejarah juga membuktikan Industri kecil ini yang paling tangguh menghadapi berbagai guncangan ekonomi. Makanya kita prioritaskan untuk kita perkuat. Antara lain dengan memberikan bantuan peralatan agar industri dan usaha mereka bisa berkembang menjadi lebih baik,” pungkas Bupati Amin saat ditemui usai acara.

Sementara menurut Kepala Diskoperindag, Drs. Karna Siswandi, maksud kegiatan ini yaitu sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan produktifitas dan kapasitas industri, agar dapat memberikan kontribusi nyata pada pertumbuhan ekonomi di daerah serta mengentaskan kemiskinan, mengurangi penganngguran dan mendorong pertumbuhan ekonomi daerah. “Setiap tahun kita anggarkan untuk bisa membantu IKM dan UKM yang ada,” katanya.

Diharapkan, bantuan ini menumbuh kembangkan semangat pelaku usaha yang diwujudkan dalam bentuk prestasi dan mempercepat pemerataan pembangunan  masyarakat di Kabupaten Bondowoso. (midd)

Berita Terkait

Tidak ada komentar: