"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Wednesday, April 17, 2013

Deklarasi Damai Pemilukada Bondowoso, Tekan Angka Golput

Bondowoso, MAJALAH-GEMPUR.Com. Bupati Bondowoso, Amin Said Husni, mengapresiasi acara deklarasi damai yang digagas Sentra Komunikasi Aliansi Kepala Desa (SKAK) yang digelar di Ballroom Hotel Ijen View.


Acara yang dilaksanakan Rabu (17/04) dihadiri 23 Camat, 209 Kepala Desa dan 2414 Perangkat Desa se Kabupaten Bondowoso. Dalam acara tersebut, Kepala Desa serta perangkatnya sepakat untuk membantu Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk mensukseskan Pilkada 6 Mei mendatang, serta menjaga sekuat tenaga agar Pilkada Bondowoso berjalan lancar, aman dan damai.

Ketua Sentra Komunikasi Aliansi Kepala Desa, Hanafi mengatakan, tujuan dari kegiatan ini diharapkan seluruh Kepala Desa bisa menjalankan tugas pokok dan fungsinya, membantu mensukseskan Pilkada dengan memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk menggunakan hak pilih.

“adalah bagaimana kepala desa bisa mengurangi angka golput masyarakat, mengingat dilapangan sudah ada indikasi masyarakat akan golput,” kata Hanafi.

Selain itu, Kepala Desa dan Perangkatnya juga sepakat untuk mesukseskan Pilkada Bondowoso dalam satu putaran saja. Dalam deklarasi ini juga dilakukan pembacaan deklarasi damai bersama yang kemudian diserahkan kepada KPU dan Panwaslu.

Sementara itu Bupati Bondowoso, Amin Said Husni, yang juga hadir dalam acara tersebut mengapresiasi inisiatif Sentra Komunikasi Aliansi Kepala Desa (SKAK) yang telah menyelenggarakan acara Deklarasi Damai Pemilukada.

“saya kira ini merupakan bentuk komitmen yang sangat mulia dari kepala desa dan perangkat, untuk mendukung terselenggaranya pemilu secara damai tertib dan aman,” ungkap Bupati

Tidak hanya sekedar formalitas, namun deklarasi ini diharapkan bisa membantu penyelenggara pemilu yaitu KPU dan Panwas serta petugas keamanan. Tentunya ini semua untuk menciptakan suasana yang tetap kondusif selama pesta demokrasi berlangsung.

“karena pemilu bukan hanya pilkada mei mendatang, tapi kita punya tugas juga untuk mensukseskan pilgub agustus mendatang, pemilu legislatif tahun depan serta pilpres 2014 mendatang,” ujar Bupati.

Deklarasi Damai Pemilukada ini menjadi bagian yang penting untuk mengoptimalkan fungsi Kepala Desa dan Perangkatnya, agar supaya bisa meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu sehingga menurunkan angka Golput di Bondowoso. (midd).

Berita Terkait Politik dan Hukum

No comments: