"Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.", "Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.","Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72."
Custom Search

Selasa, 30 April 2013

Dikecewakan Kondektur, Penumpang Kereta Api Logawa Protes PT KAI

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Salah satu penumpang Kereta Api Logawa, waraga Perumnas Patrang, Jember Jawa Timur, Didin Sri Handiyani yang naik dari Surabaya Gubeng tujuan Jember Pada hari Kamis (25/4), protes atas perlakuan Kondektur.

Pasalnya Saat itu, Didin bersama anaknya Febriyana Arta Widiyanti, Seperti biasanya naik kereta api, namun pada hari itu dibuat tidak nyaman duduk dalam perjalan, dengan terjadinya perdebatan sang Kondektur (Rdw), yang saat itu lagi mejalankan  tugasnya.

Ketika sang kondektur memeriksa karcis tiket para penumpang, sesampainya di gerbong K3 Ekonomi Tidak ada masalah, karena para penumpang menunjukan tiket masing-masing.

Tak lama kemudian sang Kondektur datang lagi, menanyakan siapa pemilik bungkusan diatas tempat duduknya, Sambil sang kodektur menjelaskan Peraturan Angkutan Penumpang Kereta Api, bahwa pada Poin 10, di tiket  menjelaskan berat bagasi tangan yang boleh dibawa kedalam kabin Kereta, untuk setiap penumpang maksimum 20 Kg, dengan Volume 100 dm3´Ujar Kondektur “Kata Didin.

Merasa mendapat teguran Didin, dari pada debat mengajak untuk di timbang di stasiun Jember saja sekalian turun, bila memang berat nya lebih dari ketentuan berjanji akan membayarnya, namun ditolak sama Rdw, dan mengancam belanjaanya itu akan di buang keluar gerbong” Tutur Febriyana

Namun sang kodektur, memaksa untuk membayar Suplisi sebesar 20rb, karena merasa dipermalukan dilihat penumpang lain yang akhirnya menyerakan Uang 10rb sesuai yang diminta oleh kondektur.

Meski sudah dibayar barang bawaanya yang ditaksir melebihi ketentuan, maka ditimbang dan disaksikan oleh petugas di Stasiun Jember, tercatat hanya 18 Kg, karena saat itu merasa terancam dan di permalukan di muka umum, maka perbuatan sang Rdn di laporkan Ke Kepala Stasiun (KS) Jember.

Namun hanya ditemui oleh, Wakil KS, (Fatah), Fatah berjanji akan mempertemukan, namun setelah di tunggu, hinga hingga berita ini diturunkan tak kunjung datang, Melalui media ini Didin menuntut Pihak PT KAI, Memohon maaf secara terbuka.

Terkait kasus ini Humas KA Daop 9 Gatut Sutiyamoko, Selasa (30/4) Kepada beberapa wartawan menerangkan, Tugas dan tupoksinya Kodektur memang memeriksa tiket penumpang dan barang bawaan, namun harus dilakukan dengan santun dan ramah kepada penumpang.

Sedangakan terkait yang dilakukan Rdw, Pihaknya berjanji akan mengklarifikasi kalau dalam pemeriksaan pihak PT KAI salah, akan minta Permitaan Maaf kepada penumpang melalui telpon atau mendatangi ke rumah yang bersangkutan.

Masih kata Gatut, Untuk sanksi masih di pertimbangkan tingkat berat dan ringanya pelanggaran, bisa non job satu bulan sampai pecopotan jabatan “ Pungkasnya. (Edw)

Berita Terkait Ekonomi Bisnis

Tidak ada komentar: