"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Monday, April 29, 2013

Pelantikan Tak Serempak, Dinilai Memberatkan Kades Terpilih

Ketua LSM GCW Jember, Andhy Sungkono
Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Pelantikan Kades Di Jember Jatim 2013, dinilai memberatkan Kades terpiliah. Pasalnya mereka sudah menghabiskan ratusan juta rupiah saat pemilihan, namun masih terbebani biaya pelantikan.


Tidak seperti biasanya, pelantikan yang sebelumnya dilalukan serempak oleh Pemerintah Kabupaten Jember, saat ini dilakukan di Desa dan atau Kecamatan masing-masing. Jika kades terpilih lebih dari dua, Pelantikannya digelar di kecamatan, namun jika hanya satu desa, maka dilantik dibalai desa setempat.

Padahal Pemilihannya sejak awal tahun ini dilakukan serempak, sesuai tahapan yang ditetapkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember. Pelantikan dengan cara ini dinilai menghambur-hamburkan uang dan menyengsarakan kades terpilih, pasalnya pada saat pemilihan mereka sudah menghabiskan ratusan juta rupiah, namun setelah terpilih masih dibebeni biaya pelantikan yang jumlahnya tidak sedikit.

“Memang tidak di atur masalah pelantikan Kades terpilih harus dilantik di kantor kabupaten atau pendopo. Namun hal ini juga seharusnya menjadi pertimbangan Bupati. Kasihan para Kades-kades itu. Ungkap Ketua LSM Government Corruption Watch (GCW) Andhy Sungkono Senin (29/4)

Menurut Andhy, Biaya pemilihan kepala desa itu gak sedikit ratusan juta mas bahkan di beberapa tempat saya temukan ada yang habis hampir 1 milyar, “ katanya

Masih menurtut penggiat anti korupsi ini, “saya melihat sikap Bupati terkesan, pencitraan lah mas. Seakan  dipaksakan pelantikan kades di masing-masing kecamatan atau desa. Sudah gak eferktif efisien lagi, “ jelas Andhy sapan akrabnya.

Sementara Kabag Pemdes Drs M.Winardi, MSi saat dikonfirmasi menyatakan, “Ini sebenarnya kebijakan Bapak Bupati mas. Beliau ingin sekalian menyampaikan pesan kepada masayarakat terkait hal-hal yang ada hubungannya dengan pembangunan. Jadi menurut kami ini sangat efektif dan efisien, “Kata Mas Win saapan akrabnya

Masyarakat berharap apapun cara Bupati Jember melantik Kades terpilih yang terpenting Kades yang baru mampu memberikan perubahan dengan kemajuan yang berarti serta dapat mensejahterakan masyarakat di desanya masing-masing. (midd)

Berita Terkait Politik dan Hukum

No comments: