"Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.", "Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.","Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72."
Custom Search

Senin, 22 April 2013

Pendaftaran Caleg Di KPUD Jember Meriah, Parpol Gelar Seni Tradisional dan Ritual Sumpah Pocong

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Hari ini merupakan hari paling sibuk bagi KPU di seluruh Indonesia. Pasalnya Senin (22/4) ini merupakan hari terakhir pendaftaran caleg. Banyak cara yang dilakukan parpol untuk menarik massa.

Sebelum mendaftarkan calegnya Ke KPUD Jember, beberapa Partai Politik (Parpol) melakukan ritual keagamaan dan menggelar kesenian untuk mengiringi pendaftaran Calon Anggota Legislatif (Caleg) nya adalah Sumpah Pocong, Sholat Dhuha, Seni Hadrah, Reog Ponorogo, Singa Barongan, tradisi pencak silat dan ondel-ondel khas Jember.

Sehingga suasana pendaftaran caleg dihari terahir di Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Jember sangat meriah. Bahkan jalan raya didepan kantor KPUD Jember macet total.

Seperti yang dilakukan Partai Nasional Demokrat (Nasdem), sebelum berangakat mereka menngelar sumpah pocong untuk calon legislatifnya. “hal ini mempunyai makna, agar caleg nantinya selalu ingat jika terpilih sebgai anggota Legislatif sesuai amanah rakyat, aspiratif dan tidak korupsi, “ kata David, pengurus Nasdem yang dikenal aktivis LSM.

Sementara Partai Bulan Bintang Sholat Dhuha dan menggelar kesenian Hadra sebelum mendaftarakan calegnya melaksanakan. Menurut Ketua PBB Jember, Ahmadi Wijaya bahwa hal ini dilakukan untuk menunjukkan bahwa PBB merupakan partai Islam, untuk itu kita harus selalu ingat kepada Allah SWT dan Rosulnya, Nabi Muhammad SAW agar para caleg yang diusung diberi kekuatan dalam menjalankan amanat ini. Dikhir pendaftaran PPB juga memberikan bantuan seperangkat alat sholat yang diserahkan kepada ketua KPU, Ketty Tri Storini untuk diwakafkan di Musholla KPUD Jember

Tak selang beberapa lama Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menggelar kesenian tradisional Reog Ponorogo bergerak dari kantor DPD di jalan Danau Toba menuju kantor KPUD berjalan kaki. Rombongan PKS dipimpin langsung Ketua DPD PKS Jember Mashuri.

Dalam pernyataannya, Ketua PKS, Mashuri yang mendaftarkan sebanyak 50 orang dengan keterwakilan perempuan 38% mengungkapkan bahwa digelarnya Reog Ponorogo untuk mengiringi pendaftaran calegnya, untuk mengakat kebudayaan asli Indonesia. Apalagi dalam daftar calegnya ada pemilik paguyuban reog ponorogo. Katanya yang diamini Rusdan Sekretaris DPD PKS Jember.

Sementara Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang datang hampir bersamaan dengan PKS juga mengusung kesenian lokal Jember. Singa Barongan, tradisi pencak silat dan ondel-ondel khas Jember.

Pantauan MAJALAH-GEMPUR.Com dilapangan bahwa dihari terakhir pendaftaran Senin (22/4), seluruh Parpol sudah menyerahkan berkas calegnya semua ke KPUD Jember. Dari 12 Parpo,l Tiga menyerahkan Minggu (21/4) kemaren dan 9 Parpol hari ini.

Masing-masing yang menyerahkan berkas Minggu (21/4), Partai Hanura, Partai Gerindra dan PDI Perjuangan. Sementara untuk Senin (22/4) adalah Partai Golkar, Partai Nasdem, PBB, PPP, PKS, PAN, PKB, PKPI dan terakhir Partai Demokrat. (eros/mid).

Berita Terkait Politik dan Hukum

Tidak ada komentar: