"Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.", "Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.","Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72."
Custom Search

Sabtu, 11 Mei 2013

Amin Said Menang Mutlak Dalam Pilkada Bondowoso

Bondowoso, MAJALAH-GEMPUR.Com. Pemilukada Bondowoso, kembali dimenangkan pasangan calon incumbent. Bahkan pasangan Amin Said Husni-Salwa Arifin (Aswaja) ini menang telak dalam pemilihan tersebut.

Berdasarkan Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pemilu Bupati dan Wakil Bupati Bondowoso tahun 2013 di Aula Dinas Pariwisata Bondowoso yang dibuka ketua KPU Bondowoso, Zainuddin, bahwa incumbent memperoleh suara terbanyak.

Hasil perolehan suara dalam pemilukada yang digelar Senin (6/5) pasangan incumbent Amin Said Husni-KH. Salwa Arifin (ASWAJA) memperoleh suara tertinggi yaitu 78,4% atau 302.573 suara, sementara pasangan Mustawiyanto-Abdul Mannan memperoleh 21,6% atau 83.443 suara.

Sementara untuk tingkat kehadiran masyarakat Bondowoso dalam Pilkada tahun ini mencapai 73,1% atau 432.975 dari total Daftar Pemilih Tetap (DPT) 592.212 Pemilih, dengan suara tidak sah mencapai 46.959 atau 10,85%.

“Rekapitulasi KPU ini merupakan hasil rekapitulasi yang sudah dilakukan di tingkat PPK, paling lambat sehari setelah pembacaan hasil rekapitulasi  ini, KPU akan menetapkan Pasangan Bupati dan Wakil Bupati terpilih,” Demikian ungkap Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah(KPUD) Kabupaten Bondowoso, Zainuddin usai acara perhitungan.

Menurutnya, jika setelah penetapan ada gugatan terkait hasil pemilu, pasangan calon diberi waktu paling lambat 3 hari setelah penetapan untuk mengajukan tuntutan kepada Mahkamah Konstitusi.“Persoalan nanti ada gugatan jika tidak puas dengan hasil pilkada ini, yang berhak menggugat hanya pasangan calon dengan tenggang waktu 3 hari,” tambah Zainuddin.

Sementara, Bupati Bondowoso Amin Said Husni yang juga Paslon Incumbent, mengungkapkan rasa syukurnya atas kemenangannya.“Kami sangat bersyukur bahwa seluruh tahapan pemilu sampai dengan rekapitulasi hasil penghitungan suara berjalan dengan baik. Selain itu saya juga bersyukur karena Aswaja berhasil mendapat suara tertinggi,” ungkap Amin.

Selain itu Amin juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada masyarakat Bondowoso yang telah membantu suksesnya pelaksanaan pesta demokrasi di Bondowoso.“ Saya juga ingin berterima kasih kepada seluruh masyarakat Bondowoso yang telah bersama-sama  menciptakan pemilu yang tertib, aman, dan damai,” ujar Bupati. (midd)

Berita Terkait Politik dan Hukum

Tidak ada komentar: