"Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.", "Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.","Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72."
Custom Search

Kamis, 09 Mei 2013

Menteri Pertanian Kunjungi Gebyar Peternakan

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Menteri Pertanian Suswono, Wakil Gubernur Jatim Syaifullah Yusuf, dan Anang Hermansyah mengunjungi gebyar peternakan di Padepokan Arum Sabil di Kecamatan Tanggul Jember, Kamis (9/4).

Kunjungan tersebut untuk mengetahui perkembangan Peternak dan Kesehatan Hewan serta Hasil Inseminasi Buatan. Menteri Perekonomian Hatta Rajasa yang rencananya ikut dalam rombongan, tidak hadir karena kesehatannya terganggu. Acara tersebut diikuti para peternak dengan membawa sapi yang mencapai ratusan ekor.

Dalam sambutannya, HM Arum Sabil menyatakan, hasil ternak di Indonesia seharusnya dapat dimaksimalkan potensinya. “Apalagi Jember yang nota bene adalah kota terbesar kedua setelah Sumenep sebagai penghasil ternak sapi secara nasional,”  katanya.

Lebih jauh Arum Sabil mengatakan, harga daging sapi yang tak stabil merupakan permainan para importir nakal “Harus dihentikan. Merekalah teroris yang menghancurkan ketahanan pangan bangsa,” tegas pria yang juga Ketua Forum Peternak Indonesia (Forpindo) ini.

Sementara Menteri Pertanian Suswono dalam sambutannya mengungkapkan, konsumsi daging di Indonesia masih sangat kurang dengan negara tetangga. “Masyarakat Indonesia rata-rata mengonsumsi daging, baik ayam maupun sapi, satu kilogram dalam 3 bulan. Di Malaysia saja sebulan rata-rata konsumsi dagingnya tiga kilogram,” kata Suswono

Menurut Menteri asal PKS ini, pihaknya mengupayakan secara maksimal agar semua pihak yang terkait dengan swasembada pangan daging, utamnya dapat memberikan usaha yang maksimal dan berdampak positif pada para pedagang, peternak, dan masyarakat.

“Kita akui, biaya transportasi sapi hidup impor lebih murah daripada yang kita datangkan dari NTT dan NTB. Karena itu, segala sesuatu yang menyakut insfrastruktur, jaring tata niaga, kita perbaiki lebih baik kedepannya,”  jelas Suswono.

Dalam acara tersebut para peternak mendapatkan penghargaan yang diberikan kepada peternak sapi hasil inseminasi buatan terbaik. Penilaian berdasar ukuran badan sapi yang dapat menghasilkan daging banyak dan sehat. Penghargaan diberikan kepada peternak serta kelompok peternak.

Anang Hermansyah yang juga adik HM Arum Sabil diminta menyumbakan lagu. Tak ketinggalan Wagub Syaifullah Yusuf yang akrab dipanggil Gus Ipul ikut bernyanyi. Bupati Jember MZA Djalal juga bernyayi diiringi oleh Cak  Dikin dan orkes musiknya. Kegiatan tersebut dicatatkan dalam Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan kategori  inseminasi buatan terbanyak dengan 276 ekor sapi. (midd)

Berita Terkait Pertanian

Tidak ada komentar: