Selamat dan Sukses atas di Deklarasikannya Forum Wartawan Lintas Media Kabupaten Jember. Semoga selalu dapat mengawal Otonomi dan Membangun Demokrasi"


Sabtu, 25 Mei 2013

Kontroversi Pengukuhan LMDH Wana Makmur

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Lembaga Masyarakat Desa Hutan atau yang disebut LMDH biasanya mitra Perum Perhutani. Kedua lembaga yang berada di Desa hutan ini biasanya saling memberikan manfaat dan selalu bersinergi.

Namun tidak di Desa Tugusari. Pergantian LMDH di Desa Tugusari Bangsalsari tanpa sepengetahuan Perum Perhutani. Kepala Desa dan Sekertaris Desa Sudarmanto di hadapan ratusan anggota masyarakat hutan Rabu (22/5) mengukuhkan LMDH Wana Makmur periode 2013-2018 dengan surat No 581/105/35-09.09.2004/2003 yang di keluarkan pihak Desa.

Koako Fitrianto, SP selaku  KRPH Sumberklopo menyatakan bahwa pengukuhan LMDH tanpa sepengetahuan Perum Perhutani, “ya pengukuhan itu tanpa mengundang pihak Perum Perhutani mas, bukannya apa, ya paling tidak sebelum pengukuhan kami diundang, begitu juga dengan kepengurusan yang lama. Ini kog gak ada pemberitahuan, “ katanya

Masih menurut pria kelahiran Maluku ini, “saya kira pihak Desa pun juga dipertanyakan juga meski ada surat bahkan ada nomor registernya, tapi tanda tangan P Aziz selaku Kades Tugu sari tidak ada hanya atas nama dan diwakili Sekdes Sudarmanto meski tanpa tanda tangannya juga, “ imbuhnya

Sementara itu Ketua LMDH Wana Makmur terpilih Imam Buchori menyatakan, “kami selaku pengurus yang baru akan melakukan langkah-langkah sesuai AD ART lembaga yang tujuan utamanya agar bermanfaat bagi anggota khususnya dan masyarakat sekitar hutan umumnya, “ jelas Imam Buchori.

Masih menurut Imam, “selama ini LMDH, maaf terkesan hanya dimanfaatkan saja oleh pihak Perhutani. Harusnya saling menguntungkan satu dengan lainnya. Untuk itu kita ingin mengubah hal itu mas, “ katanya

Selain acara pengukuhan LMDH baru yang dikemas dalam acara Tasyakuran Petik Manten Kopi dan Musyawarah Luar Biasa LMDH Wana Makmur yang di  hadiri ratusan anggota, Muspika , tokoh agama dan anggota DPRD Jember, dilantik pula Petugas Keamanan kopi. (midd)

Berita Terkait Perburuhan

Tidak ada komentar:

Sedia Albumin Plus, Madu Albumin, Madu Mengkudu, VCO & Asap Cair

Berita Terbaru Majalah Gempur Online Lainnya