"Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.", "Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.","Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72."
Custom Search

Jumat, 07 Juni 2013

Lapas Kelas II A Jember Gelar Peringatan Isra Mi’raj

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II A Jember menggelar peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW dengan pembicara H. Abdullah Samsul Arifin, S.Ag. MHI, Ketua PCNU Jember, Jum’at (07/06).  


Acara yang diselenggarakan di Aula Baharudin Soeryobroto Lapas Klas IIA Jembertersebut diikuti oleh 431 warga binaan, terdiri dari perempuan dan laki-laki.

Dalam ceramahnya, H Abdullah Samsul Arifin menerangkan hikmah Isra’ Mi’raj untuk memberi spirit kepada para Napi. “Apa yang mereka alami saat ini bukan kondisi yang terjelek. Namun sesuatu kondisi yang harus diterima dan diambil hikmahnya untuk perbaikan mereka kedepan. Setelah mereka keluar  dari sini nantinya bisa bangkit dan bisa menunjukkan kelebihan bahkan bisa menjadi yang terbaik di masyarakat.”

Perlunya pembinaan, pemberian spirit, dan motivasi agar para napi tidak mengulangi lagi perbuatan yang mereka lakukan sebelumnya.

“Justru bagaimana mereka bisa diterima kembali di tengah-tengah masyarakat, karena orang yang terbaik itu adalah orang yang salah mau bangkit dari kesalahan dan bisa bermanfaat untuk lingkunganya,” terang pria yang akrab dipangil Gus Aab ini.

Menurut Kepala Seksi Pembinaan, Alief Purnomo A.Md.IP.SH.MH, peringatan Isro’ Mi’raj  berupa ceramah keagamaan ini terselenggara berkat kerja sama yang selama ini dibangun dengan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Jember.

Kerjasama itu sebagai upaya untuk memberi pembinaan-pembinaan mental keagamaan. Selain itu juga diselenggarakan pelatihan keterampilan cara merawat jenazah, baca tulis Alquran, qiroah, bilal, dan hadroh.

Pelatihan dalam ranah keagamaan tersebut diharapkan agar warga binaan Lapas Jember bisa sadar dan kembali di tengah – tengah masyarakat, bisa diterima dengan bekal pelatihan – pelatihan yang selama ini diselenggarakan Lapas Jember.  

Meski mereka telah melakukan perbuatan melawan hukum sebelum nya, ketika dalam menjalani hukuman, sangat terbuka lebar untuk mejalankan Ibadah sholat dan Ibadah puasa yang sebentar lagi tiba. “Karena sholat merupakan tiang agama,” jelas Kalapas Harun Suliono (Edw)

Berita Terkait Politik dan Hukum

Tidak ada komentar: