"Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.", "Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.","Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72."
Custom Search

Sabtu, 22 Juni 2013

Pelopori Tertib Lalu Lintas, Polsek Rogojampi Gelar Aksi simpatik


Kapolres Nanang Masbudi, sematkan penghargaan
Banyuwangi, MAJALAH-GEMPUR.Com. Untuk memperingati HUT Bhayangkara ke-67, Polsek Rogojampi Rabu sore (22/5) menyelenggarakan kegiatan bertajuk ‘Keselamatan Tertib Lalulintas’. Aksi simpatik ini dipelopori oleh Polsek Rogojampi.

Aksi simpatik yang dilaksanakan, diawali dengan konvoi tertib lalu lintas dengan mengambil start di lapangan Banje desa  Bubuk kecamatan Rogojampi dan Finish di terminal Rogojampi. Konvoi diikuti ratusan peserta dari pelajar, mahasiswa, paguyuban tukang ojek, club motor gede, perangkat desa, dan perwakilan dealer motor di Rogojampi berjajar rapi lengkap dengan mengenakan Helm Standart, dan menyalakan lampu.

Barisan terdepan dalam konvoi simpatik tertib lalu lintas itu yakni Kapolres Banyuwangi, AKBP Nanang Masbudi, Kasatlantas AKP Irawan Wicaksono, dan Kapolsek Rogojampi Kompol Bagio Sp. Dalam acara itu juga diucapkan ikrar tertib berlalu lintas, yang diucapkan oleh perwakilan pelajar, dan mahasiswa.

Ikrar yang diucapkan itu diantaranya yakni, dengan penuh kesadaran senantiasa akan mematuhi dan menjunjung tinggi peraturan perundang-undangan tentang lalu lintas dan angkutan jalan, mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran berlalu lintas, menjaga etika berlalu lintas guna mencegah kecelakaan lalu lintas, dan menciptakan budaya keselamatan berlalu lintas sebagai kebutuhan.

Dalam sambutannya Kapolres Banyuwangi mengatakan, aksi simpatik yang dipelopori Polsek Rogojampi ini adalah kegiatan yang sangat positif mengingat semakin bertambahnya jumlah kendaraan bermotor dengan tidak dibarengi pembangunan infrastuktur yang memadai dan cukup.

Sehingga dalam sebulan, jumlah kejadian kecelakaan lalu lintas di jalan raya mencapai angka 70 sampai 80 kejadian, dengan jumlah korban jiwa 20 sampai 25 jiwa perbulannya. “Bukan karena jumlah kendaraan dan jalannya, akan tetapi budaya dan perilaku pengendaranya yang harus dibenahi,” kata Kapolres.

Usai memberikan sambutan, sebagai tanda aksi simpatik dan budaya tertib berlalu lintas. Kapolres Banyuwangi AKBP Nanang Masbudi memberikan kaos I Love Tertib lalu lintas kepada perwakilan tukang ojek di Kecamatan Rogojampi, Kapolres juga menyematkan pin kepada perwakilan pelajar dan mahasiswa. “Dengan pemberian kaos I Love tertib lalu lintas dan penyematan Pin ini, bisa memotivasi mereka dalam berkendara di jalan raya” kata Kapolres.

Sebagai penutup acara, dalam acara yang dihibur music electone itu juga dilanjutkan penandatanganan MOU tertib lalu lintas yang ditandatangani oleh perwakilan masing-masing instansi dan lembaga mulai dari perwakilan Pelajar, Mahasiswa, Kapolsek, Koramil, Camat, Tokoh Masyarakat Kasatlantas dan Kapolres.

Sementara itu menanggapi pelaksanaan Rogojampi sebagai pelopor keselamatan tertib lalu lintas, Haji Nanang Nurahmadi tokoh masyarakat yang juga Ketua Fositogamas (Forum Silaturahmi Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat) Se Kecamatan Rogojampi sangat mengapresiasi kegiatan dimaksud. Menurutnya, dengan acara simbolis itu, akan lebih mendekatkan komunikasi dan silaturahim antara masyarakat, pelajar dan mahasiswa dengan satuan kepolisian.

Lebih dari itu, yang terpenting menurutnya, yakni usai kegiatan ini muncul embrio kecil yang akan menyebarluaskan di kalangannya tentang pentingnya tertib dalam berlalu lintas. “Jika informasi pentingnya tertib berlalu lintas ini disebarluaskan, saya optimis dan yakin angka kecelakaan lalu lintas bisa ditekan, sehingga tak ada lagi nyawa mati sia-sia di jalan raya,” pungkas Ketua MWC NU Rogojampi tersebut. (Hakim Said)

Berita Terkait Politik dan Hukum

Tidak ada komentar: