"Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.", "Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.","Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72."
Custom Search

Kamis, 04 Juli 2013

Tak Terdaftar Jamkesmas dan BLSM, Ratusan Warga Luruk Puskesmas

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Pasca Pembagian Dana Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) beberapa hari yang lalu, ratusan warga RW 8 Lingkungan Jember Kidul Kaliwates lakukan aksi demo di Puskesmas.

Kedatangan warga ke Puskemas Jember Kidul yang beralamat di jalan KH Siddiq Kamis (4/7) menuntut agar mereka dimasukkan program tersebut sehingga mereka mendapatkan layananan Jamkesmas ataupun BLSM atau lebih di kenal dengan istilah Balsem (program lama, BLT; red)

Koordinator aksi H Ahmad Holiq sekaligus Ketua RW 08 mengaku tidak pernah tahu dan di konfirmasi oleh pihak terkait mengenai warga yang akan memperoleh Jamkesmas maupun BLSM. Saat di tanya wartawan H Holiq menyatakan, “saya tidak pernah di ajak rembugan atau di konfirmasi mas mengenai data warga yang layak mendapatkan program Jamkesmas maupun BLSM, “ ungkapnya.

Hal yang sama juga disampaikan Lurah Jember Kidul Suwarno. Suwarno mengaku juga tidak tahu menahu data yang ada dalam Jamkesmas maupun BLSM. “saya kan baru menjabat baru 6 bulan mas, data itu sudah ada sejak lama jadi kami juga bingung siapa yang mendata. Tapi karena ini keinginan masyarakat bersama kita upayakan agar ditindaklanjuti oleh pihak terkait, “ jelas Suwarno

Ketua RT 3 RW 8 P Muna’i mangatakan, “ warga di RT saya juga juga tidak ada yang dapat bantuan mas. Padahal banyak orang miskin, kebanyakan berprofesi sebagai pengemis, pengumpul barang rongsokan dan sebaginya juga tidak mendapat bantuan. Semuanya ada 115 KK, “aku P Munai

Jeki (30)  salah satu warga RT 3 RW 8 Lingkungan Jember Kidul kaliwates juga mengaku, “dulu pernah dapat bantuan mas program yang lama, tapi sekarang tidak dapat ataupun terdata dalam program bantuan dari pemerintah (Jamkesmas), dirinya mengaku sudah berkali-kali mandatangi pihak Puskesmas Jember Kidul maupun Dinas Kesehatan namun tidak mendapat respon, “ kesal Jeki.

Dalam keterangntnya setelah mengajak rembug warga yang protes di dalam kantor Puskesmas menyatakan, “ kami berusaha membantu pak, data yang ada juga akan kami klarifikasi ke pihak Dinas Kesehatan, jika diperlukan warga juga kita bawa ke pihak Dinas Kesehatan. Kebetulan Kepala Puskesmas tidak ada di tempat, “ kata Hamid. (midd)

Berita Terkait Sosial Budaya

Tidak ada komentar: