Translate

Iklan

Iklan

PPK PPIP DPU Cipta Karya Jatim, Sosialisasikan Program Khusus Dampak Kenaikan BBM

9/05/13, 19:00 WIB Last Updated 2013-09-15T06:12:48Z

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Untuk mengurangi beban masyarakat akibat Kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM), yang berdampak naiknya barang kebutuhan pokok dan kenaikan barang telah disiapkan oleh Pemerintah.

Mulai dari Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM), Raskin 13, 14 dan 15; Bantuan Siswa Miskin (BSM); PKH dan Program Insfrastruktur Dasar (PPIP). Demikian ungkap Dewi Arditarini PPK PPIP DPU Cipta Karya Pemprov Jatim saat sosialisasi PPIP APBN-P 2013 di aula DPU Cita Karya Jember Kamis (5/9)

“Di Provinsi Jawa Timur,  Program PPIP menyasar lebih kurang 1.192 Desa/Kelurahan di 371 desa di 30 Kabupaten yang  telah ditetapkan melalui Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum Nomor: 314/KPTS/M/2013 Tanggal 29 Juli 2013 Tentang Penetapan Desa/ Kelurahan Sasaran Program Percepatan dan Perluasan Pembangunan Infrastruktur Permukiman (P4IP) Tahun 2013. Khusus Kabupaten Jember menerima 30 titik Desa, “ kata Dewi

Masih menurut dewi, “ Waktu pelaksanaaan untuk yang PPIP reguler lebih panjang biasanya 6 bulan, khusus yang APBN-P ini hanya 4 bulan dengan anggaran perdesa 250 juta tanpa pajak. Bentuk kegiatan sesuai kebutuhan masing-masing perdesa yang peruntukannya bisa untuk membangun infrastruktur pedesaan misal jalan, paving, irigasi dan sebagainya, “ tambah Dewi.

Dalam  pelaksanaan di lapangan  sudah ditunjuk dengan menerjunkan tim pendampingan  yang terdiri dari 2 orang fasilitator  teknik dan pemberdayaan yang setiap  timnya menangani 3-4 desa sasaran. Pelaksanaan tidak boleh dikontraktualkan, apabila ada desa yang dikontraktualkan maka dana harus dikembalikan ke negara karena ini merupakan program pemberdayaan masyarakat yang dikerjakan oleh Organisasi Masyarakat Setempat (OMS).

Sementara itu Kabid Sarana Prasarana Perdesaaan dan Perkotaan  DPU Cipta Karya Jember Bambang mengatakan, “ tahun 2013 Kabupaten Jember menerima 55 Desa sasaran PPIP yang terdiri 25 desa  reguler tahap pertama dan 30 tambahan yang APBN-P program dari kompensasi kenaikan harga BBM. tuturnya

Kami berharap setiap OMS dapat memaksimalkan dana yang ada dengan turut serta memberdayakan masyarakat sekitar dalam kegiatannya dan bekerja sesuai prosedur yang telah ditetapkan, “ kata Bambang menutup pembicaraan. (midd)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • PPK PPIP DPU Cipta Karya Jatim, Sosialisasikan Program Khusus Dampak Kenaikan BBM

Terkini

Close x