"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Tuesday, October 15, 2013

Ponpes Robithotul Islam Jenisari, Sembelih 13 Hewan Kurban


Penyerahan Sapi Kurban Oleh Ketua PAC GP Ansor Genteng
Banyuwangi, MAJALAH-GEMPUR.Com. Ponpes Robithotul Islam, Dusun Jenisari, Desa Genteng Kulon, Kecamatan Genteng, Selasa pagi tadi(15/10), disembelih 23  hewan kurban guna melaksanakan Sunnah Muakkadah (utama).


Prosesi penyembelihan 2 ekor sapi dan 11 kambing tersebut dipusatkan di halaman Masjid besar Baitul Izzah  Dua ekor sapi tersebut, satu berasal dari bantuan Pemkab Banyuwangi, yang digelontor melalui Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) Pimpinan Anak Cabang (PAC) Kecamatan Genteng, dan satunya lagi hasil swadaya masyarakat Dusun Jenisari, yang secara rutin setiap tahun memang melakukan kurban.

Sementara 11 kambing kurban yang ada, rinciannya 4 ekor datangnya dari lembaga pendidikan SD/SMP Alam Jenisari, Desa Genteng Kulon, Kecamatan Genteng, dan 7 ekor lainnya merupakan swadaya masyarakat setempat.

Sempat dalam prosesi penyerahan hewan kurban sapi oleh M. Arief Fatwa, S.Ag, selaku ketua GP Ansor PAC Kecamatan Genteng, kepada pengasuh Ponpes Robithotul Islam dan Imam Masjid besar Baitul Izzah, Jenisari, terjadi guyonan yang membikin ‘Nyengir’ namun benar adanya.

”Hakekat kurban ini, marilah kita pahami bahwa kecintaan dan ketaatan kita harus lebih dari segala-galanya. Termasuk kita harus lebih cinta dan taat kepada Alloh Swt dari pada kepada anak maupun kepada istri sendiri,” cetus Fatwa, panggilan keseharian pria yang juga menjabat sebagai Kepala Dusun Jenisari, Desa Genteng Kulon, itu, disambut senyuman dari puluhan orang yang siap dengan belati dan parangnya untuk menyembelih hewan kurban.

Sebagaimana disampaikan Pengasuh Ponpes Robithotul Islam KH. Abdillah Muchtar, bahwa penyembelihan hewan kurban dilingkungan Masjid dan Ponpesnya adalah kegiatan rutinitas tahunan yang dilaksanakan umat islam Dusun Jenisari dan sekitarnya. ”Kurban hewan sebagaimana tuntunan agama islam, rutin dilaksanakan oleh warga lingkungan Dusun Jenisari. Tujuannya adalah untuk memperkokoh dan memperkuat persatuan umat islam sekaligus demi terwujudnya ukhuwah islamiyah yang hakiki,” ungkap Kyai yang pagi hari sebelumnya juga bertindak sebagai khotib dan imam shalat Idul Adha 1434 Hijriyah tersebut.

Sementara KH. Achmad Nizar, salah satu pengasuh Ponpes Robithotul Islam yang juga adik kandung KH. Abdillah Muchtar, menegaskan, bahwa penyembelihan hewan kurban tersebut bukan sekedar formalitas dan rutinitas saja. Tetapi dibalik itu semua, sebagai cermin sifat keteladanan dari Nabi Ibrahim AS, yang karena kecintaan dan ketaatannya kepada Alloh Swt rela melaksanakan kurban anaknya, Ismail, yang kala itu sedang tumbuh remaja.

”Karena  ujian dari Alloh tersebut dilaksanakan dengan sepenuh hati serta ikhlas menyembelih putranya sendiri Nabi Ismail AS, diturunkanlah mukjizat itu oleh Alloh Swt dengan menggantikan hewan kambing untuk dijadikan kurban,” ujar Gus Nizar, sapaan akrab Kyai yang dikenal luwes dan komunikatif dengan semua kalangan ini. (Hakim Said)

Berita Terkait Sosial Budaya

No comments: