"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Sunday, November 24, 2013

Agar Tidak Kembali Telan Korban Jiwa, GP Ansor Genteng Minta Bupati Banyuwangi Perbaiki Jalan

Banyuwangi, MAJALAH-GEMPUR.Com.  Pasca kecelakaan lalu lintas (Laka Lantas) yang menewaskan siswi SMK MUHI, warga Dusun Jenisari, Desa Genteng Kulon, meminta Bupati, segera benahi fasilitas jalan di Dusun mereka.


Hal ini dimaksudkan agar kecelakan yang mengakibatkan tewasnya sisiwi kelas XII dengan kepala pecah berantakan akibat dilindas truck gandeng jenis Fuso bermuatan triplek beberapa hari lalu, akibat rusaknya jalan tidak terulang lagi.

Pengurus GP Ansor Genteng yang saat itu melakukan kerja bhakti penambalan jalan berlobang bersama warga Minggu siang (24/11) menyatakan keprihatinannya atas  kondisi jalan tersebut. Mengingat, selama ini jalan raya Dusun Jenisari, dijadikan alternatif pembuangan jalur kendaraan berat sebangsa truck, taksi, dan lain sebagainya dari jalan perkotaan Genteng.

”Mestinya pemerintah harus melakukan pelebaran jalan, karena ini kan kelas jalan Desa yang hanya selebar 3 meter. Jika salipan, antara kendaraan satu dengan lainnya, salah satunya harus turun ke bahu jalan ?!,” sergah ketua PAC GP Ansor Kecamatan Genteng M. Aief Fatwa,S.Ag.

Dari catatan dan kasus LaKa Lantas yang direkamnya, menurut Fatwa, panggilan karib tokoh pemuda setempat itu, sudah tak terhitung nyawa melayang sia-sia di jalan raya Dusunnya.”Walaupun tidak semua Laka Lantas tersebut terjadi akibat sempitnya jalan raya, tetapi realitanya faktor jalan yang sempit ini menjadi salah satu penyebab utama,” sebutnya.

Salah satu pengurus PAC Ansor Genteng lainnya, Abdul Hamid, menegaskan permintaannya agar fasilitas pelebaran jalan di Dusun Jenisari, secepatnya dilakukan.”Ironis sekali jika kendaraan-kendaraan berat pada dialihkan ke jalan desa ini tetapi disatu sisi jalannya tidak dibenahi terlebih dahulu. Ayo Pak Bupati, walaupun Bapak bukan Superman, tetapi tunjukkan bahwa Bapak adalah pemimpin yang Gentle Man. Jangan hanya karena ada kepentingan Banyuwangi Tour De Ijen saja lalu jalan-jalan yang dilewati dibetulkan, tetapi justru jalan yang rawan Laka Lantas dan seharusnya menjadi skala prioritas, tidak cepat dibenahi,” suluknya.

Tokoh setempat, Moch. Rifai, yang juga Kasek di SMAN 2 Genteng, menyampaikan perlunya pelebaran jalan. Melalui akun FB-nya Jumat (22/11) pukul 21.06, ”Jalan lubang di Jenesari itu, sangat bahaya untuk pengendara motor, sayang barang sepele gitu pemerintah yo gak cakcek. Apa tunggu ada korban lagi ? Nyowo kari murah, Mana katanya kita punya pemimpin/pejabat yang hebat ,” sebutnya. (Hakim Said)

Berita Terkait Sosial Budaya

No comments: