"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Monday, November 18, 2013

Meski Kondisi Masih Labil, Warga Puger Tetap Gelar Ritual Petik Laut

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Walaupun masih terjadi perang urat syaraf dan dalam massa perdamaian bagi dua kelompok yang berkonflik. Acara yang diadakan sebagai bentuk rasa syukur ini tetap digelar seperti tahun sebelumnya.

Situasi pasca meletusnya kerusuhan pada 11 September 2013 lalu tak membuat warga puger menghentikan acara ritual tahunan petik laut syang udah menjadi agenda turun-temurun ini. Setelah beberapa waktu yang lalu warga desa Puger Wetan, kali ini giliran Warga Puger Kulon  mengadakan acara serupa. Acara yang digelar pada Senin pagi  (18/11), tersebut sebagai bentuk rasa syukur Nelayan atas berkah ikan yang didapat selama setahun kemarin.

Untuk mengantisipasi sesuatu yang tidak dininginkan ratusan personel dari Brimob Polda Jatim, Sabhara Polres Jember, Batalyon Infanteri 512 dan Kodim 0824 Jember, dan personel Polsek dan Koramil Puger disiagaan untuk mengawal ritual ini.  

Nur Hasan selaku Kepala Desa Puger Kulon mengatakan, "petik laut merupakan acara ritual tahunan yang harus dilakukan. Hal ini dilakukan sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan atas hasil hasil laut yang selama ini telah diberikan sekaligus memohon untuk diberikan keselamatan pada saat bekerja dilaut.

Tradisi tahunan ini diadakan setiap tanggal 15 bulan Suro. Meskipun di tempat lain melakukan acara pada awal bulan, tapi kita tetap mengadakan ritual ini tepat dipertengahan bulan. Pasalnya sudah turun temurun melakukan tradisi ini.

Meski tradisi petik laut kali ini tak semeriah tahun-tahun sebelumnya, namun pelaksanaannya tetap berjalan hidmad, aman dan lancar.  “Semoga puger bisa damai mas, semoga tahun depan ritual ini tetap dilaksanakan dan semakin meriah dan tidak ada insiden apapun lagi”  tutur  salah warga Gumukmas Parji yang datang beserta keluarga. (rud)

Berita Terkait Sosial Budaya

No comments: