"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Saturday, October 26, 2013

Tanamkan Nilai Agama, TK Se Kecamatan Ajung Gelar Manasik Haji Cilik

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Suasana lapangan Ajung Kabupaten Jember Jawa TimurSabtu pagi (26/10) dipenuhi anak-anak dari Taman Kanak-kanak (TK) se Kecamatan Ajung. Bersama orang tua dan guru, mereka berpakaian serba putih guna mengikuti manasik haji cilik.

Kelucuan muncul saat anak-anak diajari manasik haji. Berbagai tingkah polah dan celoteh ratusan murid TK mewarnai seluruh rangkaian kegiatan manasik haji cilik tersebut. Pengenalan ibadah haji oleh pengurus Gugus Depan 1 TK Kecamatan Ajung ini, bertujuan menanamkan nilai-nilai agama, serta mengenalkan identitas diri anak sejak dini. 

“Kami ingin menumbuhkan rasa iman murid dan mengenalkan sejak dini tentang ritual ibadah haji,” terang Nur Wahyuni,  Pengurus gugus depan 1 Kecamatan Ajung. Pihaknya berharap, minimal anak-anak mengetahui sejak dini tentang proses ibadah haji.

Dijelaskan, masa kanak-kanak merupakan masa dimana pikiran dan ingatan mudah melekat. “Jadi ibarat mengukir di atas batu, anak-anak nantinya agar selalu ingat jika dirinya pernah mempraktekkan rukun dan syarat ibadah haji,” terang Yuni.

Dengan berpakaian ikram serba putih, seperti layaknya pelaksanaan ibadah haji sesungguhnya, ratusan murid TK dari berbagai sekolah ini terlihat antusias mengikuti prosesi peragaan manasik haji yang dibimbing oleh salah seorang guru.

Para calon jemaah haji cilik ini mulai bergerak meninggalkan kemah menuju sisi kanan kubus hitam yang dianalogikan sebagai Kabah untuk melakukan tawaf. “Kami memang membuat replika Ka’bah sebagai upaya pemahaman kepada siswa,” terangnya.

Saat memasuki ritual Sai', para bocah yang terlihat gembira mendapat pengalaman baru ini diminta berlari kecil oleh para pendamping dan diteruskan dengan melempar Jumrah yang membuat para haji cilik ini semakin bersemangat.

Yang menarik, ritual manasik haji kecil kemarin dihadiri oleh anggota komisi II DPR RI Jakarta, Hj Masitah. Dengan kedatangannya, banyak orang tua mengaku senang dan merasa terayomi.  “Karena sama-sama perempuan, jadi kami merasa senang,” terang salah seorang wali murid.

Sementara Hj Masitah menjelaskan, kedatangannya kali ini bertepatan agenda reses yang dia lakukan di Jember. Dirinya menilai, pendidikan berkarakter merupakan pendidikan yang sangat baik diberikan kepada anak kecil mulai dari usia dini. Karena akan menjadi pengalaman yang paling berharga kelak akan selalu diingat sampai tua.

“Seperti kegiatan manasik haji kecil ini, kelak hal ini akan dingat oleh anak-anak dan menjadi motivasi untuk melaksanakannya,” kata Masitah.

Sedangkan Saimah, salah satu wali murid menjelaskan, dirinya sangat senang dengan adanya kegiatan tersebut. Mengingat adalah suatu kebanggaan bagi orang tua ketika anak-anaknya mendapat tambahan pengetahuan mengenai ibadah haji. (khul)

Berita Terkait Sosial Budaya

No comments: