"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Monday, December 9, 2013

Gedung Pamer, Sentra Penjualan Produk IKM Banyuwangi

Banyuwangi, MAJALAH-GEMPUR.Com. Pemkab Banyuwangi, melalui Disperindagtam mendirikan “Gedung Pamer’  Sentra Penjualan Produk IKM. Terobosam ini dilakukan guna memberikan kemudahan kepada masyarakat.

Dimana semua hasil Industri, khususnya Industri Kecil Menengah (IKM) mulai dari produk olahan, kerajinan dan hendikraf yang ada di Kabupaten Banyuwangi, penjualannya dipusatkan di stand gedung pamer ini.
Untuk itu masyarakat dalam maupun luar Banyuwangi dipersilahkan mengunjungi produk-produk khas Banyuwangi.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Pertambangan (Disperindagtam), Hary Cahyo Purnomo, melalui Kabid Perindustrian, I Komang Dedi, kepada wartawan, Jum’at, pekan lalu menyatakan, keberadaan gedung pamer tersebut merupakan showroom pusat penjualan IKM yang ada di Kabupaten Banyuwangi.

”Gedung pamer merupakan cara kami untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat Banyuwangi, untuk memasarkan produk-produk, baik itu produk olahan maupun kerajinan anyaman bambu, hendikraf, batik dan lain-lainnya. Sekaligus mempermudah para turis mancanegara maupun pengunjung dari luar, untuk membeli dan menjadikan oleh-oleh khas Banyuwangi,ujarnya.

Gedung pamer itu sendiri di bangun pada tahun 2011 silam. Kedepannya, perkembangan IKM bukan hanya tersentra di Banyuwangi saja. Tetapi nantinya diharapkan bisa menembus jantung pasar yang berada di Kuta, Bali. Dalam hal ini, Pemkab Banyuwangi, benar-benar serius menumbuh-kembangkan dan memacu perkembangan IKM dengan cara memperbaiki kualitas produknya.

Salah satu contohnya adalah produk unggulan kelapa. Di mana kelapa merupakan buah yang banyak sekali fungsi dan manfaatnya.”Jika daun kelapa diambil lidinya dan dibuat anyaman, maka akan bisa menghasilkan sebuah karya kerajinan anyaman lidi dalam bentuk piring lidi,” terang Komang Dedi, dengan bangga.

Dengan dibangunnya sentra penjualan ‘Gedung Pamer’, Pemkab Banyuwangi melalui Disperindagtam, berharap masyarakat luas bisa memanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Sementara bagi masyarakat luar kota maupun luar negri, jika datang ke Banyuwangi, juga diharapkan mengunjungi ‘Gedung Pamer’ sentra IKM yang di utara kantor Disperindagtam JL. Jendral A. Yani No 96 ini.

”Kendati berdirinya IKM ini masih tergolong baru, tetapi setiap harinya sudah ramai dan banyak pengunjung yang berdatangan loh Pak,” cetus karyawan dan karyawati yang stanby di gedung yang terletak di selatan kantor Bupati Banyuwangi tersebut Senin, (9/12). (Gofur/Hakim Said)

Berita Terkait Ekonomi Bisnis

No comments: