"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Tuesday, December 24, 2013

Jelang Natal dan Tahun Baru, Polres Jember Sterilisasi Gereja

Apel gelar pasukan  polres jember (Foto Polres Jember)
Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Untuk memberikan rasa aman umat kristiani yang akan melaksanakan perayaan natal dan tahun baru, Polres Jember melakukan sterilisasi sejumlah gereja dengan menggunakan metal detector.


Pengunaan alat ini dimaksudkan untuk mendeteksi bahan peledak atau bahan mencurigakan lainya di tempat ibadah umat kristiani di Kabupaten Jember Jawa Timur, sehingga dapat memberikan rasa aman dalam melaksanaan ibadah selama hari natal dan tahun baru.

Seperti halnya dilakukan petugas di Gereja Santo Yusuf pagi ini (24/12). Pada gereja yang teletak di Jl Kartini, Jember tersebut, petugas berbagai sudut ruangan yang ada didalam gereja. Termasuk pohon natal yang ada disisi bagian depan gereja.+

Tidak hanya memakai metal detektor, petugas juga mengerahkan anjing pelacak untuk mendeteksi barang barang yang mencurigakan. “Upaya kami lakukan untuk menjamin kemanan umat nasrani saat merayakan natal besok (hari ini-Red),” tegas Kompol. Imam Pauji, Kabag. Ops. Polres Jember.

Untuk menjamin keamanan tesebut, pihak kepolisian menerjunkan pasukan gabungan antara Brimob Bondowoso dan juga petugas Polres Jember.

Langkah petugas tesebut, mendapatkan tanggapan positif dari pihak gereja. Sebab, selain memberi kenyamanan saat perayaan natal berlangsung, kedatangan petugas juga memberi garansi kenyamanan bagi seluruh jemaat yang hadir khususnya pada misa natal.

“Kami sangat berterimakasih kepada petugas. Sebab, dengan adanya penjagaan tersebut, akan membuat tentram umat nasrani yang melaksanakan misa natal,” ujar Ignatius, ketua paguyuban Gereja Santo Yusuf.

Selain dilakukan di gereja gereja besar dikawasan kota, sterilisasi juga dilakukan di tempat peribadatan umat Nasrani lainnya yang ada di kecamatan dengan melibatkan anggota polisi dari sektor setempat.

Selain sterilisasi, petugas juga akan melakukan pengamanan lainnya dalam perayaan natal yang berlangsung hari ini, seperti menempatkan personel kepolisian disetiap gereja serta melakukan patroli keliling. (lum)

Berita Terkait Sosial Budaya

No comments: