"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Monday, December 9, 2013

Peringati Anti Korupsi, Kejari Bondowoso Resmikan Kantin Kejujuran

Bondowoso, MAJALAH-GEMPUR.Com. Untuk memperingatan Hari Anti Korupsi se Dunia. Kejari Bondowoso mengadakan serangkaian acara yang mulai dengan upacara di halaman kantor yang baru direnovasi di jalan Ahmad Yani.

Upacara Hari Anti korupsi yang jatuh tanggal 9 Desember 2013 yang digelar sejak pukul 07.30, tak seperti biasanya yang menggunakan seragam PDU (Pakaian Dinas Upacara), melainkan BATIK. “ya pakaian batik ini kan Baju Anti Korupsi selain produk dalam negeri, jadi ya harus bangga dan tetap dilestarikan“ ucap Razali tersenyum di amini Ristopo Samedi, SH, MH Kasi Intelijen Kejari Bondowoso saat ditanya awak media.

Upacara dipimpin langsung Kajari Bondowoso Razali, SH, dalam pembacaan amanat Jaksa Agung bertema “Mewujudkan Indonesia Bersih, Transparan, Tanpa Korupsi”, di kawasan ASEAN, Indonesia diatas negara Vietnam, Kamboja, Laos dan Myanmar. “Informasi ini berdasarkan Indeks Persepsi Korupsi (IPK) yang dikeluarkan oleh Lembaga Transparency International pada 2010,”kata Razali.

Dia menjelaskan, peringkat negeri ini dalam hal pemberantasan korupsi terus menurun, pada 2010 Indonesia berada diperingkat 110 dari 178 negara. 2011, peringkat 100 dari 182 negara.Pada 2013, peringkat 118 dari 176 negara. “Secara keseluruhan, Indonesia menduduki peringkat 18 dari 27 negara di kawasan Asia Pasifik, “ jelasnya

Selain itu, pasca Ratifikasi The United Nations Convention Against Corruption (UNCAC) 2003, melalui UU No. 7 Tahun 2006 tentang Pengesahan UNCAC 2003, pemerintah terus melakukan langkah-langkah penajaman untuk memastikan keberhasilan pemberantasan korupsi.

Masih kata Razali, “Diantara langkah-langkah tersebut adalah merumuskan Strategi Nasional Pencegahan Dan Pemberantasan Korupsi (Stranas PPK), dengan mengacu pada strategi-strategi yang telah ditetapkan sejalan dengan ketentuan UNCAC, meliputi Enam Strategi yaitu pencegahan, penegakan hukum, harmonisasi peraturan perundang-undangan, kerja sama internasional dan penyelamatan aset, pendidikan dan budaya anti korupsi, serta mekanisme pelaporan,” papar Razali.

Razali berharap dengan momentum Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia mampu memberikan semangat bagi Korps Adhyaksa di lingkungan Kejaksaan Negeri Bondowoso agar bersama-sama dengan elemen masyarakat lainnya untuk memberantas korupsi agar kehidupan masyarakat ke depan lebih baik dan bermanfaat bagi generasi penerus.

Kegiatan dilanjutkan dengan peresmian Kantin Kejujuran di SMPN 7 Bondowoso dan SMPN 2 Tenggarang Bondowoso serta di akhiri pembagian stiker dan kaos di depan Kantor Kejaksaan Negeri Bondowoso jalan Ahmad Yani. (midd)

Berita Terkait Politik dan Hukum

No comments: