"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Saturday, December 21, 2013

Kapolres Banyuwangi; Polsek Harus Kuat Dan Profesional

Kapolres dan jajaranya saat melakukan sosialisasi
Banyuwangi, MAJALAH-GEMPUR.Com. Disamping penegakan hukum pidana, polisi dapat melaksanakan kegiatan pemerintahan. Kegiatan bertambah jika  angka kriminal, kesenjangan ekonomi, dan pengangguran meningkat.


Selaku penegak hukum, menagani kriminal justice system (sistem peradilan pidana), sebagai Keamanan Ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas) polisi  melakukan kegiatan pemerintahan dalam upaya membantu meningkatkan sumberdaya masyarakat. Demikian ujar Kapolres Banyuwangi, AKBP Yusuf, SIK, M.Hum, saat memberikan pengarahan kepada anggita Polri dalam kunjungan kerjanya di Polsek Urban Rogojampi, Sabtu (21/12/13).

Pasalnya tugas dan fungsi pokok Kepolisian Menurut mantan Kapolres Madiun bahwa ini ada tiga, yaitu Keamanan, Ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas), Penegakan Hukum, Memberikan perlindungan, pelayanan dan pengayoman kepada masyarakat. Sementara Jaksa dan pengadilan hanya penegakan hukum.

Setelah penuntutan berkas dilimpahkan ke jaksa, lalu di putuskan pengadilan selanjutnya diserahkan ke lembaga pemasyarakatan (Lapas) dan selesai. ”Tapi kalau polisi tidak, saat pertama kali masyarakat diduga melakukan tindak pidana, harus kita analisa lagi. Kira-kira tindak pidana yang dilakukan itu berdampak kepada institusi polisi atau kepada masyarakat, terlebih jika hasil analisa berdampak besar,” Beber perwira asal Lamongan.

Meski idialnya keberadaan polisi 1 banding 700, dengan Polsek yang kuat dan professional, Menurut perwira kelahiran 43 tahun lalu itu, jumlah polisi yang sedikit akan dapat menyelesaikan permasalahan yang banyak. ”Profesional menjadi tuntutan kita, dengan konsep yang di buat Mabes, Polsek kuat adalah kuat dari segi SDM, kuat segi Bagops dan kuat segi operasionalnya. Jadi anggota polsek kuat adalah siap pakai,” tegasnya.

Untuk itu, Kapolres Yusuf, meminta kepada jajaran anggotanya agar sekecil apapun kejadian di masyarakat supaya diselesaikan sampai tuntas. “Bagaimana caranya agar masalah dan kejadian itu tuntas, karena dari permasalahan yang kecil itulah nanti akan menjadi besar,”.

Keputusan anggota polisi dilapangan sangat menentukan tindak lanjut kedepan. Yang artinya, sangat berpengaruh sekali kalau salah pada waktu itu, maka akan salah semua. ”Maka diperlukan anggota polisi yang sangat kuat. Kuat bukan berarti anggota pesonilnya sangat banyak, karena kalau kita mengharapkan personil dengan rasio jumlah penduduk, sampai kita pensiun juga tidak akan kelar,” terang mantan Kapolres Madiun.

Dalam kunjungan kerjanya, sebelumnya Kapolres Yusuf, menyempatkan diri meninjau pembangunan gedung baru Mapolsek Rogojampi. Bersama jajaran perwira bawahannya, Yusuf, rela blusukan melihat-lihat beberapa ruangan dalam gedung yang proses pembangunannya yang sedang berjalan. (Agus Wahyudi/Hakim Said)

Berita Terkait Politik dan Hukum

No comments: