"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Tuesday, December 3, 2013

Program Poldes Dan Sinergi 3 Pilar Polres Banyuwangi, Dapat Reward Mabes Polri

Banyuwangi, MAJALAH-GEMPUR.Com. Program Polisi Desa (Poldes) dengan jargon ‘Njogo Deso Mbangun Deso’ dan program Sinergi Tiga Pilar Polisi resord (Polres) Banyuwangi Jawa Timur, mendapat apresiasi dari Mabes Polri.

Kemarin Senin (03/12), Divisi Humas Mabes Polri dipimpin AKBP Achmad Sabri, SH.MH. bersama satu anggotanya didampingi Kompol Yatno, dari Divisi Humas Polda Jatim juga bersama satu anggotanya, turun langsung memantau sekaligus melakukan pemantapan program Poldes dan Sinergi Tiga Pilar tersebut.

AKBP Achmad Sabri, dari bagian Produksi dan Dokumentasi (Proddok) bersama timnya yang dipandu jajaran Polres Banyuwangi, itu memulai hunting pemantapannya dengan start di SMPN 1 Glagah, lalu dilanjutkan di kelompok peternak susu sapi perah di wilayah Polsek Licin, lalu turun ke areal perkebunan sengon (program Poldes sengonisasi) dan areal kebun pepaya (program Poldes pepayanisasi) di wilayah hukum Polsek Glagah.

Di sela-sela agenda huntingnya, kepada wartawan, AKBP Achmad Sabri, mengatakan, bahwa kedatangan dirinya bersama tim Polda Jatim, secara khusus melihat langsung hasil dari penerapan konsep dan program Poldes serta Sinergi Tiga Pilar.”Dengan program Poldes dan Sinergi Tiga Pilar yang hanya ada di Polres Banyuwangi, ini ternyata bisa memaksimalkan serta mengkedepankan layanan kepada masyarakat,” terangnya.

Dipilihnya Polres Banyuwangi, itu sendiri, menurut AKBP Sabri, melalui seleksi dan penunjukan akhirnya jatuh ke Polda Jatim yang dikomandoi Irjen Unggung Cahyono, kendati banyak jajaran Polda lainnya yang memintanya.”Mengingat program Poldes dan Sinergi Tiga Pilar Polres Banyuwangi, ini telah dijadikan pilot project jajaran Polri se-Indonesia. Bahkan kami datang bersama crew TV One dan Metro TV untuk pengambilan gambar, foto-foto juga shooting lokasi serta obyek penerapan program Poldes maupun Sinergi Tiga Pilar,” ungkapnya.

Dijelaskan oleh AKBP Sabri, hasil pengambilan foto-foto dan shoting lokasi penerapan Poldes dan Sinergi Tiga Pilar tersebut akan dijadikan ikon pengembangan pelayanan publik/masyarakat dari hasil kerja Bhabinkamtibmas dilapangan beserta pilar lainnya.”Targetnya, ketika disosialisasikan kepada masyarakat, dapat diketahui bahwa mainsate Polri sudah berubah dengan budaya dan paradigma baru. Sasaran  sosialisasi yang pertama kepada polisi itu sendiri, karena polisi sekarang tidak lagi mengkedepankan pendekatan hukum, kendati juga tidak meninggalkan tindakan (hukum). Namun yang utama lebih kepada perlindungan dan pelayanan, yang pada gilirannya anggota-anggota kita akan merasa sebagai bagian dari masyarakat,” bebernya.

Dalam kesempatan itu, AKBP Sabri, menyatakan kesalutannya akan kekompakan perangkat sinergi tiga pilar ditingkat Forpimdes yang terdiri Kepala Desa, Bhabinkamtibmas dan Babinsa. Sekaligus di tingkat Forpimka yang terdiri dari Camat, Kapolsek dan Danramil plus tingkatan Forpimda.”Sebagai penghujung agenda kita, akan meminta testimoni program Sinergi Tiga Pilar kepada Bupati, Kapolres dan Dandim Banyuwangi,” tukasnya.

Selanjutnya tim Mabes Polri meluncur ke kantor Desa Watukebo, Kecamatan Rogojampi, untuk melihat bimbingan dan penyuluhan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas (Kamseltibcarlantas) yang dilakukan Bhabinkamtibmas Desa setempat Aiptu Kuswadi, didampingi Kapolsek Kompol Bagio. Setelah itu rombongan melanjutkan huntingnya diwilayah Polsek Muncar. Nampak mengiringi para perwira Polres Banyuwangi sekaligus pemandu, Kasat Binmas AKP Mahmud dan Kasubbaghumas AKP Bambang Suprapto, beserta anggotanya masing-masing. (Hakim Said)

Berita Terkait Politik dan Hukum

No comments: