"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Friday, January 31, 2014

Pedagang Pasar Kencong Enggan Tempati Pasar Baru

Kepala Dinas Pasar Hasi Madani Saat dimintai keterangan
Jember, MAJALAH GEMPUR.Com.  Meski dibongkar ratusan anggota Satpol PP, pedagang Pasar Penampungan sementara Eks pasar kencong Jember Jawa Timur enggan menempati Pasar Baru yang dibangun investor di Lahan PTPN XI PG Semboro.


Pembongkaran kios dan lapak-lapak pedagang dipenampungan berlangsung tertib tanpa perlawanan pasalnya ratusan pedagang sebelumnya  sudah lebih dulu mengamankan barang dagangnya sebelum pasukan datang pada hari Kamis pagi (30/1).

Sejak hari Rabo malam (29/1) mereka sudah beramai-ramai memilih menempati pasar Swasta Avatar yang terletak di Desa Kencong Kecamatan Kencong. Mereka tidak mau pindah kepasar Baru karena Pemkab Jember masih belum sepenuhnya melaksanakan putusan pengadilan.

Informasi yang dihimpun dari pedagang korban kebakaran pasar kencong yang tergabung dalam Persatuan pedagang pasar kencong (P3K) dari sekitar 700 pedagang yang berjalan di Pasar Penampungan, hampir mayoritas pedagang memilih pindah di Pasar Avatar.

Holidi salah seorang pedagang korban terbakarnya pasar kencong mengaku engan pindan ke pasar baru, karena Pemkab belum sepenuhnya menjalankan amar putusan pengadilan Negeri (PN)  Jember. “Sampai saat ini uang yang masuk ke insvestor belum dikembalikan mas, termasuk jaminan kepastian lokasi kios masing-masing pedagang serta belum selesainya administrasi proses tukar guling di Kemetrian BUMN”. Katanya.

Semantara itu Kepala Dinas Pasar Pemkab Jember yang memimpin pembongkaran pasar penampungan sementara, Hasi Madani menyatakan bahwa penyelesaikan soal pengembalian uang pedagang dan pengaturan kios hanyalah masalah teknis, yang terpenting saat ini pedagang mau pindah menempati pasar baru yang akan diatur penempatanya oleh pihak investor.

Sementara managemen investor pasar baru Sayadi menyatakan pengembalian uang pedagang yang dibayarkan kepada investor lama adalah kewenangan dinas pasar, dirinya hanya menyediakan Fasilitas pedagang Eks pasar kencong yang terbakar sesuai data yang diajukan Pemkab Jember, baik baik untuk Kios yang Gratis maupun yang Discount 40 Persen sesuai amar putusan pengadilan.

Dari pantauan langsung dipasar baru hanya sebagian kecil pedagang Eks pasar kencong yang mulai menata barang daganganya dan para pedagang lesehan yang memang disiapkan Gratis oleh pihak investor. (mif)

Berita Terkait Politik dan Hukum

No comments: