"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Wednesday, April 16, 2014

Japer Curigai 350 Suara PDI Perjuangan Hilang Di PPS

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Setelah menemukan indikasi kecurangan di beberapa TPS, Jaringan Pemilih Rasional (Japer) Kabupaten Jember kembali menemukan indikasi kecurangan di Desa Karang Semanding Balung.

Temuan ini diperoleh koordinator Jaringan Pemilih Rasional (Japer)  Dapil IV (empat) DPRD Kabupaten Jember, Minto Setyo Wahono. Kecurigaan Minto karena adanya kesamaan perolehan suara dan perolehan seluruh Caleg PDI Perjuangan di Desa Tutul dan Karang Semanding saat rekapitulasi perolehan suara di PPK Kecamatan Balung Selasa, 15 April 2014. Kejanggalan tersebut menimbulkan kecurigaan Minto, lalu dilaporkan Panwascam Balung.

Saat dimintai keterangan Ketua Panwascam Balung Miftahul Ridlo Rabo, (16/4) membenarkan adanya kejanggalan tersebut. Menurutnya kesalahan ini terdapat di D-1, “ndak tau kekeliruan apa di penulisannya apa bagaimana itu kita tidak tau. Yang jelas itu perolehan suara dan perolehan seluruh caleg PDI Pejuangan desa Karang Semanding dengan yang di desa Tutul itu sama untuk rekap DPRD Kabupaten/kotanya.

Setelah saya cermati bahwa di Model DA-1 DPRD Kabupaten/kota disini tertulis untuk PDI Perjuangan, desa Tutul itu jumlah total suaranya 128, kemudian di Karang semanding sama 128 dan, perolehan calegnya juga sama. “Ini terjadi kesalahan tulis, jadi yang seharusnya kepunyaan tutul 478, jadi 128 dan DA yang terkirim di KPU itu.

Maka ini yang harus dibetulkan, namun tidak boleh merubah perolehan suara aslinya, artinya tidak merobah perolehan hasil rekapitulasi hanya faktor Human eror. Karena humen eror, habis ditulis ditulis lagi. Karena semua saksi tau, tidak begini hasil perolehannya. Lah ini saya koordinasi dengan ketua PPK  bahwa penulisan DA Kabupaten/kota terjadi kekeliruan, maka kita akan croscek .

Setelah saya croscek dengan milik Panwas, ternyata salah ditulis, tapi harus dibetulkan. Karena sangat krusial sekali. Artinya kalau hitungan di KPU sebagai dasar perhitungan suara tingkat KPU. Maka PDI Perjuangan akan terjadi kekuarangan suara 350 khususnya untuk kecamatan Balung.

Untuk kecamatan Balung, kalau ini jadi acuan nanti PDI Perjuangan akan kehilangan suara 350. Satu kecamatan. Makanya kami mengklarifikasi pada PPK agar untuk dilakukan pembetulan. Karena ini sudah terkirim ke KPU kotak dan bersegel. Kami akan mengeluarakan surat rekomendasi kepada PPK atau teman-teman KPU untuk diadakan pembetulan, jelas membuka segel. Dasarnya karena terdapat kekeliruan.

Sementara ketua Japer Jember Kustiono Musri saat ditanyakan membenarkan adanya laporan mengernai hilangnya perolehan suara PDI Perjuangan tersebut, untuk itu secepatnya dirinya akan segera melaporkan ke Panwaslu Jember. (eros)

Berita Terkait Politik dan Hukum

No comments: