"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"
Custom Search

Tuesday, 24 June 2014

Tutupnya Pabrik Rokok Sampurna, Tak Pengarui Produksi Tembakau PTPN X

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Setelah melewati masa tanam 14 Mei 2014 lalu, PTPN X melakukan Panen Perdana tanaman tembakau yang dipusatkan di Kebun Kertosari Dusun Curah Suko Desa Kaliwining kecamatan Rambipuji.


Pada tahun-tahun sebelumnya produksi tembakau di PTPN X terus merugi, namun di tahun 2014 Kebun Kertosari yang mencakup Tanggul, Gambirono dan Mumbulsari wilayah timur dengan cakupan luasan 325 Ha diharapan produksi tembakau PTPN X akan bangkit dan berhasil

Demikian kata ADM Untung Mulyono, SE yang saat itu didampingi seluruh jajaran karyawan PTPN X usai acara Petik awal yang dipusatkan dibagian TBN V wilayah karton A Rabu (24/6)

Masih kata Untung, “Diharapkan peningkatan produksi tembakau baik dari segi kualitas dan kuantitas dapat meningkatkan kesejahteraan karyawan  dan bermanfaat untuk semua masyarakat disekitar tempat kerja kita, “ tambahnya.

 “Semua elemen yang terlibat dalam produksi tembakau bertekad agar pencapaian target dapat maksimal berbuat sesuai dengan prosedur yang berlaku dengan target pencapaian produksi perhektar 1750 kg atau 17,5 kwintal, “ jelasnya.

Kebun Kertosari sendiri memiliki 11 sinder dengan 66 kemandoran. Tahun 2014 ini tembakau jenis NaOst ditanam dengan luasan area 100Ha. Pangsa pasar khususnya tembakau  yang di tanam PTPN X sudah intens di ekspor ke seluruh dunia khususnya Eropa.

Tembakau jenis Na Ost harus bisa menguntungkan, di tahun 2014 ini pihak PTPN X mencoba dengan cara teknik baru yang sudah di uji cobakan oleh tim Litbang PTPN X.

“Tupnya pabrik Sampoerna di Garahan tidak berpengaruh, karena tembakau PTPN X pasar ekspor, bahkan dengan ditutupnya pabrik Sampoerna akan menambah semangat kerja dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil produksi,“ Pungkasnya. (midd)

Berita Terkait Pertanian

No comments: