"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Wednesday, July 23, 2014

Perusahaan Tutup, Buruh Plastik Gebang Ditelantarkan

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Merasa diterlantarkan, buruh pabrik plastik Gebang Jaya melakukan aksi absen diri setiap hari ke kantor Disnakertran Jember Jawa Timur. Mereka mendesak perusahaan penuhi haknya.

Sejak bulan April yang lalu, setiap hari kami melakukan aksi absen diri ke Kantor Dinas Tenaga Kerja (Disnakertran) Kabupaten Jember. selaku pekerja kami menuntut hak-hak kami dipenuhi termasuk THR yang  harus diberikan H-7 sebelum lebaran, karena sampai hari ini tuntutan kami belum dipenuhi.

Untuk itu kami akan terus melakukan aksi ini sampai ada kejelasan dari pabrik dan Disnaker selaku mediator, hak akan kami dipenuhi” Demikian disampaikan Koordinator buruh yang tergabung dalam Serikat Buruh Pabrik Plastik Gebang (Sabupage) Kholifah, Rabu (23/7)

Hal senada disampaikan buruh usai melakukan absen diri di kantor Disnaker,  “kami ke sini untuk meminta kejelasan nasib kami mas. Setiap hari kami absen agar tidak dikatakan mangkir mas, “ keluh salah satu perwakilan buruh yang enggan disebut namanya

Masih kata perwakilan buruh yang tempat pekerjaannya tutup diduga bangkrut beberapa bulan lalu itu, “ hingga kini tuntutan kami belum di selesaikan oleh pihak perusahaan yang merupakan hak-hak kami sebagai pekerja. Kami tidak minta macam-macam hanya hak kami mana kok sampai sekarang tidak ada kejelasannya, “ jelasnya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Achmad Hariyadi saat diklarifikasi wartawan mengatakan, “ kami selaku pihak instansi yang menangani masalah perburuhan sudah melaksanakan tugas kami sesuai aturan yang berlaku mas. Kami mediatori pihak-pihak yang berkepentingan baik buruh dan pengusaha, “ kata Hariyadi.

“Jika kita bisa lihat kemampuan pabrik itu tutup karena bangkrut. Kami sudah jelaskan pada mereka tapi karena mereka tidak paham aturan ya seperti ini. Kami juga tidak pernah memerintahkan adanya absen diri, itu inisiatif mereka sendiri, “ jelasnya. (midd/edw)

Berita Terkait Perburuhan

No comments: