"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Wednesday, July 16, 2014

Rekap Suara Pilpres Di KPUD Jember Dihujani Aksi Protes

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Rapat Pleno rekapitulasi perolehan suara Pilpres dan Cawapres yang diselenggarakan KPUD Jember Jawa timur Rabo Malam (16/7) dihujani aksi protes dari Saksi Capres Nomor 1 Prabowo Hatta.


Sejak Pleno dibuka Ketua Komisi Pemilihan Umun Daerah (KPUD) Kabupaten Jember Ahmad anis sekitar pukul 21.25, hujan protes dari saksi capres nomor dua sudah mulai. Mereka menganggap ketua KPUD bertindak  otoiter dan tidak professional. 

Sebelum Pleno rekap dimulai kami hanya meminta KPU menjelaskan temuan kami dilapangan bahwa kenapa Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebelum dan sesudah pelaksanaan pemilihan presiden 9 Juli 2014 terdapat perbedaan jumlahnya.
 
Pemindahan TPS yang terkesan mendadak dan terlalu jauh dari TPS sebelumnya juga dipertanyakan? TPS IV di salah-satu SMK swasta kelurahan Kepatihan ke Jl Dr Soetomo Kecamatan Kaliwates, sekitar 2 kilo lebih, pemilih enggan mencoblos  ditempat TPS yang baru dan memilih mencoblos di TPS lain, Bahkan berdasarkan pantauan kami akibat TPS dipindah, sekitar jam 12 siang hanya 12 orang datang ke TPS tersebut.

Demikian protes yang disampaikan Saksi Prabowo-Hatta Abdul Kadar Rabo, (16/7), untuk itu Kadar meminta KPU untuk menyelesaikan persoalannya dulu sebelum melakukan rekapitulasi suara benar-benar selesai “ Saya minta rekapitulasi jangan keburu dimulai, selesaikan  dulu persoalannya” Katanya

Hal senada juga dikuatkan oleh Ketua Panwaslu Jember, Dimah Akhyar. Panwas Menurut Dimah juga menemukan beberapa TPS yang DPT nya masih ada perbedaan. Untuk itu kami merekomendasikan kepada KPU agar pada malam ini menyampaikan berapa jumlah pemilih khusus tersebut,  maupun tambahan dilampirkan.

Menanggapi rekomendasi tersebut ketua KPUD Jember, Anis berjanji akan segera menindaklanjuti rekomendasi pasnwas, “karena rekomendasi baru datang tadi pagi, kami minta waktu dulu barang satu atau dua hari ini “ Mungkin besuk kami akan menemui Panwaslu untuk berkonsultasi” Katanya.

Untuk hasil perolehan rekapitulasi perolehan suara Capres dan Cawapres yang digelar KPUD Kabupaten Jember sejak jam 21.25 s/d 24.00 Rabo, 16 Juli 2014 yang digelar di Hotel Panorama Jember Pasangan Capres Prabowo - Hatta : 507.428 dan Pasangan Jokowi-jk : 694.751. Sementara perolehan Suara Sah : 1.202.179, Suara Tidak Sah : 9.365 Suara Sah dan Tidak Sah : 1.211.544 (Eros/Midd)

Berita Terkait Politik dan Hukum

No comments: