"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Tuesday, July 8, 2014

Uang PKH Tahap pertama Akhirnya Cair

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Setelah sempat tertunda beberapa waktu, Uang untuk penerima Program Kerluarga Harapan (PKH) tahap pertama akhirnya cair. Pencairan ini disyukuri oleh ratusan Keluarga Sangat Miskin (KSM) di Arjasa.

Sejak Senin-Selasa  (7-8/7) mereka antri  dari pagi hingga sore hari. Menurut Koordinator PKH Kecamatan Arjasa Ita Wulandari, SE saat ditemui awak media mengatakan, “ penerima PKH sekecamatan Arjasa berjumlah 957 KSM yang terbagi di 6 desa.  Ini pencairan yang tahap pertama mas, memang terlambat karena kendala teknis. Biasanya setiap tiga bulan sekali, “ katanya Selasa (8/7)

Masih menurut Ita, “sejak tahun 2007, peserta PKH diarahkan pada RTSM. Tetapi mulai tahun 2012 basis bantuan kemudian diarahkan pada KSM yang terdiri  dari orang tua (ayah dan ibu) serta anak.  Perubahan ini dilakukan dengan pertimbangan bahwa keluarga adalah satu unit yang relevan dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia. Orang tua mempunyai tanggungjawab terhadap pendidikan, kesehatan, kesejahtaraan, dan masa depan anak, “ jelasnya.

Lebih lanjut Ita menjelaskan, “ untuk tahun 2014 ini ada perubahan dari 1263 KSM menjadi 957 dengan dana untuk keluarga yang memiliki anak tingkat Sekolah Dasar (SD) menerima lima ratus ribu rupiah dan untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) satu juta rupiah. Dan untuk ibu-ibu yang hamil menerima bantuan tetap tiga ratus ribu rupiah, “ paparnya.

Sementara Camat Arjasa Drs.Ec.H. Nanang Suryadi, Msi menjelaskan, “penurunan jumlah penerima PKH karena perubahan status ekonomi dari yang tidak mampu menjadi mampu, “ katanya

Nanang berharap, “agar semua fihak selalu koordinasi yang baik dan ikut menjaga dan merawat semua program pembangunan, termasuk program PKH, sehingga warga di Kecamatan Arjasa berubah lebih baik, makmur dan sejahtera.” pungkasnya. (midd)

Berita Terkait Sosial Budaya

No comments: