"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Friday, September 5, 2014

Diskoperindag Bondowoso Latih Pelaku IKM Mengecat


Bondowoso, MAAJALAH-GEMPUR.Com. Pemkab Bondowoso melalui Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) menggelar Kegiatan Penguatan Ekonomi Masyarakat Dilingkungan Industri penghasil Tembakau Melalui Pelatihan Teknis Pengecatan Kendaraan Bermotor.

Kegiatan yang ditempatkan di Aula Dewan Koperasi Indonesia (Dekopinda) sebagai upaya Pemerintah untuk meningkatkan kapasitas SDM melalui transfer Ilmu Pengetahuan dan Tekhnologi (IPTEK). Ada 15 kelompok IKM Pengecatan yang terdiri dari 40 orang yang diikutsertakan dalam pelatihan tersebut.

Dengan menguasai IPTEK, IKM Pengecatan bisa mengembangkan usahanya dan mampu bersaing di tengah derasnya arus globalisasi. Sebab era globalisasi IKM Pengecetan harus berkomitmen yang tinggi dalam mencetak kreativitas dan inovasi. Agar produk yang dihasilkan dapat memberikan nilai tambah dan memiliki keunggulan serta kompetitif.

Kepala Seksi Logam, Mesin, dan Elektronika Bidan Perindustrian Diskoperindag, Deky Handy Prasetyo, ST, MSi menjelaskan, lembaganya terus mengupayakan agar pelaku IKM Pengecatan SDM-nya terus meningkat, wasasan tehnik pengecetan kendaraan bermotor (roda dua atau lebih, red) terus bertambah.

“Dengan SDM berkwalitas dan wawasannya luas, saya yakin pelaku IKM akan lebih baik, kwalitas dan kwantitas hasil produksinya bertambah. Karena potensi IKM Pengecatan prospeknya sangat baik. Kami juga memberikan bantuan peralatan pengecatan agar usahanya bisa berkembang pesat”, kata Decky Jumat, (5/9)

Decky menambahkan, ada 15 kelompok Pelaku IKM Pengecetan yang tersebar di Kecamatan Tamanan, Cermee, Grujugan, Tlogosari, Botolinggo, Jambesari Darussalah, Wringin, Klabang, Bondowoso, Maesan, dan Tapen yang mendapat pelatihan. Mereka dilatih agar dapat meningkatkan wawasan berekspresi.

Yang dilibatkan sebagai penyaji dalam pelatihan tersebut adalah Tri Revinta Yanti, A.Md, TPL IKM Diskoperindag Kabupaten Bondowoso dengan materi Kewirausahaan dan Devi Fransiska, A.Md pelaku IKM di Bondowoso memberikan materi berjudul Manajemen Industri Kecil. Tehnis pengecatan yang diajarkan berupa Tehnik Air Brush dasar hingga finishing.

Dikatakan, yang dimaksud dengan Tehnik Air Brush adalah mengkombinsikan antara tehnik pengecatan dengan Air Brush untuk memberikan nilai tambah pada hasil produk tanpa mengurangi kwalitas pengecatan. Sedang Air Bush sebagai pelengkap. Tentu dengan tehnik semacam itu, konsumen diuntungkan dan pendapatan bertambah.

Kepala Diskoperindag Kabupaten Bondowoso, Drs. Harimas, MSi menjelaskan penguasaan tehnologi akan memberikan nilai tambah pada hasil produk pengecatan. Pelaku IKM Pengecatan harus meningkatkan kompetensinya agar produk yang dihasilkan mempunyaui daya saing dan konsumen merasa puas.

“Pelatihan yang kami lakukan sebagai wahana untuk meningkatkan SDM dan pembinaan yang dilakukan secara simultan, bertahap dan berkelanjutan. Agar pelaku IKM Pengecetan mampu mengembangkan kapasitas dan menggali potensi yang dimiliki. Sehingga produk yang dihasilkan memiliki keunggulan, baik tehnis maupun nilai jualnya”, kata Harimas. (midd).

Berita Terkait Industri

No comments: