"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Sunday, September 7, 2014

Gaun Daur Ulang Limbah Nan Cantik Hiasi Carnaval HUT RI

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Memperingati hari kemerdekaan RI ke-69, tidaklah melulu dengan biaya yang mahal. Dengan sedikit modal dan dibumbui kretafitas mampu merubah hal yang sederhana menjadi lebih bermakna.

Seperti  yang  terlihat dari salah satu Sekolah Menengah Umum  di Kecamatan Kencong. Jika biasanya kemewahan yang ditampilkan saat parade carnaval sekolah, namun berbeda dengan siswa-siswi SMU Negeri 1 Kencong. Mereka layak diacungi jempol, betapa tidak, untuk kreatifitas yang mereka tampilkan memiliki nilai artistic yang cukup tinggi.

Berasal dari sisa-sisa bungkus kopi dan kemasan makanan, para pelajar ini menyulap limbah tersebut menjadi sebuah karya yang hasilnya tidak kalah bagus dengan baju-baju sewaan yang cukup mahal. Hanya bermodalkan Rp 20 Ribu, sebuah baju indah mampu tercipta dari tangan-tangan kreatif mereka.  

Melintasi sepanjang jalan raya kencong, Minggu (7/9) para siswi yang mengenakan gaun hasil rancangan teman-temanya ini pun terlihat seperti peragawati professional. Melenggak-lenggok diatas catwalk aspal, model dadakan itu Nampak anggun dengan balutan gaun yang terbuat dari limbah tersebut.

Wahid Kepala Sekolah SMA 1 Kencong Mengatakan, pihaknya memang mengajari siswa-siswi untuk berkreasi dengan modal yang minimal. Baginya, bagus itu tak harus mengeluarkan uang ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Apalagi untuk memperingati hari kemerdekaan RI ke-69 ini,  rasa syukur dan penanaman nilai-nilai nasionalisme dan patriotismelah yang seharusnya lebih ditonjolkan, bukan hura-hura dan kemewahan semata

“Maka dari itu anak didik kami ahirnya mengambil inisiatif untuk mendaur ulang bungkus makanan dan ahirnya terciptalah baju-baju unik yang tidak membuat beban para siswa kami,” Ujar Wahid. (RuZ)

Berita Terkait Sosial Budaya

No comments: